Perancangan User Interface/User Experience Aplikasi Tiket Online Pendakian Berbasis Android Pada (Bukit Anak Dara)

Authors

  • Rizal Maulana A
  • herliana rosika tehnik informatika
  • Joni Saputra

DOI:

https://doi.org/10.37824/sij.v6i1.2023.472

Keywords:

Tickets, User interface, User experience, Cognitive walkthrough, Prototype

Abstract

Abstract: Purchasing climbing tickets at Anak Dara Hills is still manual, making it difficult for climbers who are outside the area to book tickets or find information regarding climbing conditions on Anak Dara Hills. Based on the above problems, it is necessary to design a user interface / user experience for an android-based online climbing ticket using the cognitive walkthrough method, this method uses 5 participants as material to find information or conduct usability trials. Based on the results of the analysis and observation, a prototype design was made. Then a trial was conducted on the five participants. After testing the prototype, the five participants were very satisfied with the application design and prototype that was easy to understand.

Abstrak: Pembelian tiket pendakian di bukit anak dara tergolong masih manual, sehingga menyulitkan bagi para pendaki yang berada di luar daerah untuk melakukan pemesanan tiket maupun mencari informasi terkait kondisi pendakian di bukit anak dara. Berdasarkan masalah diatas maka dibutuhkan perancangan user interface/user experience tiket online pendakian berbasis android dengan menggunakan metode cognitive walkthrough, metode ini menggunakan 5 responden sebagai bahan untuk mencari informasi ataupun melakukan uji coba usability. Berdasarkan hasil analisis dan observasi maka dibuat rancangan prototype. Kemudian dilakukan uji coba kepada kelima responden. Setelah melakukan uji coba protoype kelima responden sangat puas terhadap desain aplikasi dan prototype yang mudah dipahami.

References

Bligård, L. O., & Osvalder, A. L. (2013). Enhanced cognitive walkthrough: Development of the cognitive walkthrough method to better predict, identify, and present usability problems. Advances in Human-Computer Interaction, 2013.

Chandra, T. (2015). Evaluasi User Interface Desain Sistem Informasi Perpustakaan Pada Perguruan Husni Thamrin Medan. Jurnal TIMES.

Hartono, S. R., & Sutanto, S. Pentingnya User Experience Dalam Mengenalkan Home Greeneries ke Masyarakat Urban.

. Huda, A. M. S., & Fernando, Y. (2021). E–Ticketing Penjualan Tiket Event Musik Di Wilayah Lampung Pada Karcismu Menggunakan Library Reactjs. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(1), 96-103.

Rabbanii, I., Brata, A. H., & Brata, K. C. (2019). Penerapan Metode Lean UX pada Pengembangan Aplikasi Bill Splitting menggunakan Platform Android. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer E-ISSN, 2548.

Rerung, R. R., & Ramadhan, Y. R. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik Dalam Penerapan Smart Campus Untuk Meningkatkan Pelayanan Akademik. JTERA (Jurnal Teknologi Rekayasa), 3(2), 191.

Ummi Indah Lestari. (2018). Pembentukan Kepribadian Muslim Pada Siswi Kelas VIII Di MTs N Karanganyar Tahun Pelajaran 2017/2018. Iain Surakarta

Downloads

Published

2023-06-01

How to Cite

[1]
R. Maulana A, herliana rosika, and J. Saputra, “Perancangan User Interface/User Experience Aplikasi Tiket Online Pendakian Berbasis Android Pada (Bukit Anak Dara)”, SainsTech Innovation j., vol. 6, no. 1, pp. 289–298, Jun. 2023.