Editorial Policies

Fokus Kajian

SIJ berfokus pada kajian ilmiah pada inovasi, aplikasi, ilmu dasar sains dan keteknikan.

SIJ adalah jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) bekerjasama dengan Fakultas Sains dan Teknik Universitas Qamarul Huda Badaruddin (UNIQHBA).

SIJ terdaftar melalui LIPI dengan nomor E-ISSN yaitu 2615-5400.

Proses Peer Review 

Artikel yang telah disubmit akan ditinjau oleh reviewer dengan blind peer review ganda. Reviewer menerima naskah dengan penulis anonim dari tim editorial jurnal yang selanjutnya dilakukan proses blind review. Reviewer meninjau artikel dari aspek kualitas dan substansi tulisan yang mencakup keterbaruan, keaslian, dan keabsahan kutipan. Reviewer berhak menolak menolak naskah untuk direview jika tidak sesuai dengan kompetensinya dan dapat merekomendasikannya kepada ahli atau orang yang berkompeten.

Editor akan mengirimkan hasil review sesegera mungkin setelah naskah telah direview. Mohon diperhatikan bahwa proses review dapat memakan waktu satu hingga dua bulan.

Frekuensi Terbitan

SainsTech Innovation Journal (SIJ) terbit tiap enam bulan yaitu pada Mei dan November.

Kebijakan Akses Terbuka

SIJ adalah jurnal open access dan peer review yang menggunakan sistem OJS (open Journal System). Artikel muncul secara daring pada website SIJ dan tersedia secara gratis. Penulis dapat menggunakan dan mengaitkan link artikel terbitannya pada situs pribadi dan non komersil. Pengguna dapat mengunduh, menyalin, dan mengutip artikel yang telah dipublikasikan.

Plagiarisme

Naskah artikel harus bebas dari plagiarisme, pemalsuan, fabrikasi, atau penghilangan materi yang signifikan.
Plagiarisme dalam semua bentuk merupakan perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak dapat diterima.

Biaya Pemrosesan Artikel

Biaya pengelolaan artikel adalah gratis, IDR 0.00 yang memungkinkan khalayak untuk mengakses versi lengkap artikel. 

Biaya Pengajuan Artikel

Biaya pengajuan artikel di SIJ adalah gratis, IDR 0.00. Pengajuan termasuk mengirimkan, peer-reviewing, mengedit, penerbitan, memelihara dan pengarsipan.