Sistem Pakar Tujuan Wisata Kabupaten Lombok Tengah Menggunakan Metode Forward Chaining

Central Lombok District Tourism Destination Expert System Using Forward Chaining Method

Authors

  • Winata Praja Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu
  • Komariyuli Anwariah Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu
  • Yuan Sa'adati Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu
  • Fahmi Syuhada Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu

DOI:

https://doi.org/10.37824/sij.v5i1.2022.420

Keywords:

forward chaining, lombok tengah, rekomendasi, sistem pakar, wisata

Abstract

Indonesia adalah negara dengan keindahan alam dan Keanekaragaman budaya dan mempunyai banyak pulau salah satunya Pulau Lombok. Lombok Tengah merupakan salah satu kabupaten di Lombok yang memiliki jenis wisata yang beragam. Oleh karena itu diperlukannya peningkatan pemasaran di sektor pariwisata. Pada saat ini banyak wisatawan yang suka melakukan wisata ke Lombok tengah. Namun, mereka kadang-kadang masih kebingungan dalam menentukan destinasi wisata yang ingin dikunjungi. Paper ini mengusulkan pengembangan dan perancangan sistem pakar yang dapat memberikan rekomendasi tempat wisata yang baik untuk dikunjungi khususnya di Kabupaten Lombok Tengah. Sistem mengimplementasikan Metode Forward Chaining untuk menentukan kesimpulan akhir dari saran tujuan wisata berdasarkan kriteria-kriteria yang dipilih pengguna dari pertanyaan yang diajukan. Berdasarkan Hasil survei terhadap pengguna atau wisatawan sebanyak 30 subjek, didapatkan hasil responden dengan nilai parameter kepuasan kurang, cukup, dan baik yaitu masing-masing bernilai 15%, 24%, dan 61%.

References

Wahyudi, R., Utami, E., & Arief, M. R. (2016). Sistem Pakar E-Tourism Pada Dinas Pariwisata D . I . Y. 17(2).

Belalawe, B. J., Suyanto, M., & Sofyan, A. F. (2012). Penentuan Jalur Wisata Terpendek Menggunakan Metode Forward Chaining. Seminar Nasional Informatika, 9–16.

Downloads

Published

2022-05-30

How to Cite

[1]
W. Praja, K. Anwariah, Y. Sa’adati, and Fahmi Syuhada, “Sistem Pakar Tujuan Wisata Kabupaten Lombok Tengah Menggunakan Metode Forward Chaining: Central Lombok District Tourism Destination Expert System Using Forward Chaining Method”, SainsTech Innovation j., vol. 5, no. 1, pp. 201–209, May 2022.