Komunikasi Media Sosial dan Dampak Terhadap Niat Pembelian Konsumen

Authors

  • Joni Saputra
  • Valian Yoga Pudya Ardhana Universitas Qamarul Huda Badaruddin
  • M Afriansyah

DOI:

https://doi.org/10.37824/sij.v5i1.2022.353

Keywords:

media sosial, digital marketing

Abstract

Sosialisasi konsumen melalui komunikasi menggunakan situs media sosial telah menjadi masalah pemasaran yang penting melalui pengembangan dan peningkatan popularitas media sosial. Dipandu oleh kerangka sosialisasi, artikel ini menyelidiki komunikasi melalui situs web media sosial; kekuatan ikatan tingkat individu dan identifikasi tingkat kelompok dengan kelompok sebaya sebagai anteseden; dan sikap produk serta keputusan pembelian sebagai hasil. Data survei dari 50 peserta yang terlibat dalam komunikasi tentang produk melalui media sosial mengkonfirmasi bahwa kedua anteseden memiliki pengaruh positif pada hasil komunikasi. Sosialisasi konsumen online melalui komunikasijuga mempengaruhi keputusan pembelian dalam dua cara: langsung (sesuai dengan teman sebaya) dan secara tidak langsung dengan memperkuat keterlibatan produk. Selain itu, kebutuhan konsumen akan keunikan memiliki efek moderat pada pengaruh komunikasi pada sikap produk. Temuan-temuan ini memiliki implikasi politis dan manajerial yang signifikan.

References

Ahuja, Manju K. and John E. Galvin (2003), “Socialization in Virtual Groups,”

Journal of Management, 29, 2, 161–85.

Algesheimer, René, Utpal M. Dholakia, and Andreas Herrmann (2005), “The Social Influence of Brand Community: Evidence from European Car Clubs,” Journal of Marketing, 69, 19–34.

Amaldoss, Wilfred and Sanjay Jain (2005), “Pricing of Conspicuous Goods: A Competitive Analysis of Social Effects,” Journal of Marketing Research, 42, 1, 30–42.

1Anderson, James C. and David W. Gerbing (1988), “Structural Equation Modeling in Practice: A Review and Recommended Two-step Approach,” Psychological Bulletin, 103, 3, 411–23.

Bagozzi, Richard P. and Youjae Yi (1988), “On the Evaluation of Structural Equation Models,” Journal of the Academy of Marketing Science, 16, 1, 74–94.

——— and Utpal M. Dholakia (2002), “Intentional Social Action in Virtual Communities,” Journal of Interactive Marketing, 16, 2, 2–21.

Bearden, William O., Richard G. Netemeyer, and Jesse E. Teel (1989), “Mea- surement of Consumer Susceptibility to Interpersonal Influence,” Journal of Consumer Research, 15, 4, 473–81.

——— and Randall L. Rose (1990), “Attention to Social Comparison Informa- tion: An Individual Difference Factor Affecting Consumer Conformity,” Journal of Consumer Research, 16, 461–71.

Bronner, Fred and Robert de Hoog (2010), “Consumer-generated Versus Marketer-generated Websites in Consumer Decision Making,” International Journal of Market Research, 52, 2, 231–48.

Downloads

Published

2022-05-20

How to Cite

[1]
J. Saputra, V. Y. P. Ardhana, and M. Afriansyah, “Komunikasi Media Sosial dan Dampak Terhadap Niat Pembelian Konsumen”, SainsTech Innovation j., vol. 5, no. 1, pp. 192–200, May 2022.