Kepatuhan Kunjungan Antenatal Care terhadap Sikap dalam Deteksi Dini Komplikasi Kehamilan pada Ibu Hamil

Authors

  • Hardaniyati Hardaniyati STIKES YARSI MATARAM
  • Dian Soekmawati Riezqy Ariendha STIKES YARSI MATARAM
  • Yadul Ulya STIKES YARSI MATARAM

DOI:

https://doi.org/10.37824/jkqh.v9i2.2021.277

Keywords:

Kepatuhan, Antenatal Care, Sikap

Abstract

Pelayanan antenatal adalah prosedur yang secara rutin dilakukan oleh petugas kesehatan dalam membina hubungan yang baik didalam proses pelayanan pada ibu hamil untuk deteksi dini, pengawasan selama kehamilan dan persiapan persalinan. Salah satu faktor yang kurang dimanfaatkan dalam pelayanan antenatal care antara lain rendahnya pengetahuan dan pemahaman ibu hamil. Kepatuhan dalam kunjungan ANC bertujuan untuk memantau keadaan ibu dan janin, untuk mendeteksi masalah secara dini dan memberikan tindakan atau intervensi yang tepat, dan mengetahui jika ada komplikasi pada kehamilan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepatuhan kunjungan antenatal care terhadap sikap dalam deteksi dini komplikasi pada ibu hamil. Metode yang digunakan yaitu studi pencarian sistematis data base terkomputerisasi (research gate, pubmed, google cendekia) digunakan untuk mencari hasil publikasi dengan pembatasan pada desain penelitian cross sectional. Berdasarkan 6 artikel yang dianalisis menunjukan bahwa ada hubungan kepatuhan kunjungan antenatal care terhadap sikap dalam deteksi dini kehamilan pada ibu hamil. Semakin tinggi tingkat kepatuhan kunjungan antenatal care maka semakin baik perilaku ibu hamil dalam mendeteksi dini komplikasi Ibu hamil yang patuh melakukan kunjungan. Antenatal care mempunyai sikap yang positif terhadap deteksi dini komplikasi kehamilan maka ibu akan lebih peka terhadap cara atau berperilaku  dalam mencegah, karena infeksi menular.

References

Wiknjosastro, H. 2011. Ilmu Kebidanan. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo

World Health Organization. Global health risks: mortality and burden of disease attributable to selected major risks: World Health Organization; 2009.

RISKESDAS] Riset Kesehatan Dasar. (2016). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI

WHO, 2017, WHO Recommendations on Antenatal Care for Positive Pregnancy Eksperience, Jurnal WHO,http://apps.who.int/iris/bits tream/10665/250796/1/97892415 49912-eng.pdf?ua=1. Diakses pada 02 Juni 2021.

Kementerian Kesehatan RI. Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2017. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI. 2017.

Guyton AC, Hall JE. Texbook of medical physiology. Elsevier; 2006.

Astutik yuli R dkk, (2017) Kepatuhan Antenatal Care Ibu Hamil Resiko Tinggi Dengan Ketepatan Rujukandi Desa Sepawon Kecamatan Plosoklaten. JURNAL ILKES (Jurnal Ilmu Kesehatan) Vol. 8 No. 2 Desember 2017.

Erwin Kurniasih. (2020). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Trimester III Tentang Tanda Bahaya Kehamilan Dengan Kepatuhan Antenatal Care (ANC) di Puskesmas Geneng Kabupaten Ngawi. Journal of Chemical Information and Modeling.

Armaya, R. (2018). Obedience of Pregnant Women's in Conducting Antenatal Care Visits and The Influencing Factors. Journal of Public Health Sciences.

Noviati, S. (2018). Kunjungan Antenatal Care Dintinjau Dari Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Tanda Bahaya Kehamilan Di Puskesmas Batu Aji Kota Batam Tahun 2019. Jurnal Sehat Masada, XV(1), 33– 38.

Wawan, A dan Dewi M. 2011. Teori & Pengukuran, Pengetahuan, Sikap Dam Perilaku Manusia. Yogyakarta. Nuha Medika.

Purnami, C. 2006. Hubungan Persepsi Ibu Tentang Sarana Pelayanan KIA Dengan Kunjungan Pemeriksaan Kehamilan (K4) (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Tegal Barat II Kota Tegal Tahun 2006). Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia Vol. 2 / No.2 / Agustus 2007.

Jasmawati. 2015. Analisis Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Antenatal Care Dengan Perilaku Kunjungan Pemeriksaan Kehamilan di Puskesmas. Jurnal Husada Mahakam. Volume III No. 9 hal. 452-521.

Oktavia, L. (2018). Kunjungan Antenatal Care Ditinjau dari Tingkat Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Tanda Bahaya Kehamilan. Jurnal.

Pongsibidan, Gabriellyn Sura. (2012). Faktor yang Berhubungan Dengan Keteraturan Kunjungan Antenatal di Wilayah Kerja Puskesmas Kapala Pitu Kabupaten Toraja Utara. [Artikel penelitian] Makassar: Universitas Hasanuddin.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Hardaniyati, H., Ariendha, D. S. R., & Ulya, Y. (2021). Kepatuhan Kunjungan Antenatal Care terhadap Sikap dalam Deteksi Dini Komplikasi Kehamilan pada Ibu Hamil . Jurnal Kesehatan Qamarul Huda, 9(2), 100–105. https://doi.org/10.37824/jkqh.v9i2.2021.277