Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Sikap Dan Tindakan Pencegahan Ulkus Diabetik Pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2

Authors

  • Baiq Ruli Fatmawati STIKes Yarsi Mataram
  • Marthilda Suprayitna STIKES YARSI MATARAM
  • Kurniati Prihatin STIKes Yarsi Mataram

DOI:

https://doi.org/10.37824/jkqh.v8i1.2020.189

Keywords:

Pendidikan Kesehatan, Sikap, Tindakan Pencegahan Ulkus Diabetik, Diabetes Mellitus

Abstract

Penyebab masalah pada kaki diabetik adalah neuropati sensori yang  mengakibatkan ulkus diabetik. Komplikasi kaki diabetik menyebabkan kematian dibeberapa Negara berkembang. Ulkus kaki diabetik tidak akan terjadi bila penderita diabetes mellitus mempunyai pengetahuan dan sikap dalam menjaga serta merawat kaki secara rutin. Perawatan kaki pasien diabetes mellitus tipe II terdiri dari deteksi kelainan kaki, latihan kaki dan praktik perawatan kaki. Untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap sikap dan tindakan pencegahan ulkus diabetik pada pasien diabetes mellitus tipe 2.  Rancangan penelitian quasy experiment pre test - post test with control group design, dengan sampel sebanyak 30 responden. Ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap sikap (p= 0,000 ) dan tindakan (p= 0,000 ) pencegahan ulkus kaki diabetik. Pendidikan kesehatan dapat meningkatkan perubahan sikap dan tindakan dalam pencegahan ulkus kaki diabetik pada pasien diabetes mellitus tipe II.

References

American Diabetes Assosiation. (2016). Journal Standarts of Medical Care in Diabetes. USA: The American Association of Diabetes Educators, the American Diabetes Association

World Health Organization (WHO). (2000). Penatalaksanaan diabetes militus di Indonesia. EGC: Jakarta.

Perkumpulan Endokrin Indonesia (Perkeni). (2015). Konsensus Pengelolaan dan Pencegahan Diabetes Melitus Tipe 2 di Indonesia.

International Diabetes Federation (IDF). (2014). International Diabetes Atlas. International Diabetes Federation

Indian Health Best Practices. (2011). Foot Care. Indian Health Services Division of Diabetes Treatment and Prevention Available.

Khamseh, ME, Vatankhah, N, Baradaran, HR (2007),‟ Knowledge and practice of foot care in iranian people with type 2 diabetes‟ International Wound Journal, 4: 4

Rahmawati, Tahlil T, Syahrul. (2016). Pengaruh Program Diabetes Self Management Education Terhadap Manajemen Diri Pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2. Jurnal Ilmu Keperawatan. Vol 4 No.1, Hal 46-58

Sulistyowati, DA (2015). Efektivitas Elevasi Ektrimitas Bawah Terhadap Proses Penyembuhan Ulkus Diabetik di Ruang Melati RSUD Dr. Moewardi Tahun 2014‟, Kosala, Vol: 3, No:1, Hal: 83-88

Dari, NW, Nurchayati, S dan Hasanah, O (2014). Pengaruh pendidikan kesehatan senam kaki melalui media audiovisual terhadap pengetahuan pelaksanaan senam kaki pada pasien DM tipe 2.

Soegondo,S., Soewondo, P & Subekti, I. (2015). Penatalaksanaan Diabetes Mellitus Terpadu. Edisi 2. Cetakan ke-10, Balai Penerbit FKUI: Jakarta

Smeltzer, Suzanne,C., dan Brenda GB. (2013). Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah 2 edisi 8. Buku Kedokteran EGC: Jakarta

Notoatmodjo, S. (2010). Ilmu Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta: Jakarta

Yusra, A. (2011). Hubungan antara dukungan keluarga dan kualitas hidup pasien DM tipe 2 di Poliklink Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati Jakarta.

Noordiani, Waluyo A, Sukmarinil L. (2013). Pengetahuan klien tentang diabetes mellitus Tipe 2 berpengaruh terhadap kemampuan klien merawat kaki. Jurnal Keperawatan Indonesia, Vol 16 No. 02

Waspadji, S. (2009). Buku Ajar Penyakit Dalam: Kaki Diabetes. Jilid III.Edisi4, Jakarta.

Purwanto, H .(1998). Pengantar perilaku manusia. EGC: Jakarta

Sae-Sia, W., Maneewat, K., & Kurniawan, T. (2013). Effect of a self-management support program on diabetic foot care behaviors. International Journal of Research in Nursing, (1), 14.

Desalu, FK Salawu, AK Jimoh, AO Adekoya, OA Busari, AB Olokoba. (2011). Diabetic foot care: Self reported knowledge and practice among patients attending three tertiary hospital in Nigeria. Ghana Medical Journal, Vol.4 No.2

Beiranvand S, Fayazi S, dan Asadizake M. (2015). Effect of educational programs on the knowledge, attitude,and practice of foot care in patients with diabetes. Jundishapur J chronic dis care 4(2)

Vatankhah, N., Khamseh, M.E., Noudeh, Y.J., Aghili, R., Baradaran, H.R., & Haeri, N.S. (2009). The effectiveness of foot care education on people with type 2 diabetes in Tehran, Iran. Primary Care Diabetes, 3, 73– 77.

Silaban, R .(2012). Pengaruh Penggunaaan Macromedia Lash, Prigram Power point dan Peta Konsep terhadap Hasil Belajar Kimia pada Pokok Bahasan Hidrokarbon. Medan: Perpustakaan Universitas Negeri Medan

Published

2020-06-30

How to Cite

Fatmawati, B. R., Suprayitna, M., & Prihatin, K. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Sikap Dan Tindakan Pencegahan Ulkus Diabetik Pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2. Jurnal Kesehatan Qamarul Huda, 8(1), 34–41. https://doi.org/10.37824/jkqh.v8i1.2020.189

Issue

Section

Articles