Hubungan Durasi dan Intensitas Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) di TK Cendikia Desa Lingsar Tahun 2019

Authors

  • Khairul Putriana STIKes Yarsi Mataram
  • Eka Adithia Pratiwi STIKes Yarsi Mataram
  • Indah Wasliah STIKes Yarsi Mataram

DOI:

https://doi.org/10.37824/jkqh.v7i2.2019.112

Keywords:

Keywords: Gadgets, Social Personal Development, 3-5 Year Old Children, Gadgets, Social Personal Development, 3-5 Year Old Children

Abstract

Sekitar 5 hingga 10% anak diperkirakan mengalami keterlambatan perkembangan. Data angka kejadian keterlambatan perkembangan umum belum diketahui dengan pasti, namun diperkirakan sekitar 1-3% anak di bawah usia 5 tahun mengalami keterlambatan perkembangan umum (IDAI, 2013). Pengenalan atau penggunaan gadget sejak dini kepada anak akan berdampak terhadap perkembangan anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan durasi dan intensitas penggunaan gadget dengan perkembangan mpersonal sosial anak usia 3-5 tahun di TK Cendikia Lingsar. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah cross sectional, dan menggunakan DDST sebagai instrumen. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling yaitu teknik pengambilan sampel dengan jumlah sample 34 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak yang bermain gadget dengan intensitas penggunaan gadget > 3 kali/hari yaitu sebanyak 15 orang (43,1 %) dengan durasi sedang yaitu 40-60 menit yaitu sebanyak 15 orang (44,1 %). Hasil uji korelasi Chi-Square didapatkan p-value menunjukkan bahwa untuk intensitas penggunaan gadget (p = 0,032 ? = 0,005) dan untuk durasi penggunaan gadget (p = 0,004 ? = 0,005) maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara durasi dan intensitas penggunaan gadget dengan perkembangan personal sosial anak usia 3-5 tahun. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bagi orang tua untuk lebih selektif lagi dalam memberikan mainan kepada anak dan perlu adanya pengawasan serta ketegasan dalam memberikan batasan kepada anak dalam bermain gadget.

 

References

[1] Adriana, D. (2013). Tumbuh Kembang & Terapi Bermain pada Anak. Jakarta: Salemba Medika..
[2] John W. Santrock. (2007). Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi kesebelas. Jakarta: Erlangga.
[3] IDAI. (2013). Penelitian Keterlambatan Perkembangan. Jakarta: EGC.
[4] Widiastuti, D. (2008). Panduan Perkembangan Anak. Jakarta: Puspa Swara.
[5] Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspek. Jakarta: Kencana.
[6] Novitasari W & Khotimah N.Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak. JPAUD Teratai. 2016;5(3);182-6.
[7] Prabowo, Agung. (2016). Pengaruh Gadget Terhadap Anak Dalam Interaksi Keluarga Muslim Perumahan Winong Kota Gede Yogyakarta. Jurnal Universitas Islam Negeri Sunan Kali Jaga Yogyakarta
[8] Handrianto. (2013). Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Gadget Bagi Anak. Jakarta: Bumi Askara.
[9] Hartanto, H., (2009). Keluarga Berencana dan Kontrasepsi. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
[10] Sari, P dan Mitsalia A.A. (2016). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Persenoal Sosial Anak Usia Prasekolah. Jurnal Profesi: 13 (2) 72-77
[11] Friedman. (2010). Faktor-Faktor Pengaruh Gadget Terhadap Kecerdasan Motorik. Institut Teknologi Sepuluh.
[12] Ferliana, Jovita Maria. (2016). Anak dan Gadget Yang Penting Aturan Main. Jakarta: EGC.

Published

2019-12-30

How to Cite

Putriana, K., Pratiwi, E. A., & Wasliah, I. (2019). Hubungan Durasi dan Intensitas Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) di TK Cendikia Desa Lingsar Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Qamarul Huda, 7(2), 5–13. https://doi.org/10.37824/jkqh.v7i2.2019.112