Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Lingkaran Terhadap Hasil Belajar Siawa Kelas VIII MTs Manhalul Ma’arif Darek
DOI:
https://doi.org/10.1234/pendidikan.v1i1.32Abstract
Guru merupakan suatu elemen pendidikan yang memegang peranan penting dalam memberikan pemahaman kepada siswa. Dengan penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat membatu guru dan siswa berada dalam kegiatan beajar yang efektif dan efisien sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.Alat peraga merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat membantu siswa berfikir lebih kongkrit sehingga siswa dapat dengan mudah memahami materi pelajaran yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh alat peraga lingkaran terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs. Manhalul Ma’arif Darek sedangkan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi.Kegiatan pembelajaran mengguanakan media pembelajaran berupa alat peraga lingkaran, jumlah siklus yang dilaksanakan dalam penelitian ini sebanyak dua siklus, dan masing-masing akhir siklus siswa diberikan tes yang sebelumnya sudah diuji validitas dan reabilitas dari soal tes tersebut.Dari hasil tes siklus pertama diperoleh nilai rata-rata kelas 78 dan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 7 orang, sedangkan pada siklus kedua diperoleh nilai rata-rata kelas 82 dengan jumlah siswa yang tidak tuntas sebanyak 2 orang.Sehingga dapat disimpulakn bahwa ada pengaruh penggunaan alat peraga lingkaran terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs
Manhalul Ma’arif Darek.