PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME MENYUSUN PUZZLE PAHLAWAN INDONESIA BERBASIS JAVASCRIPT

Authors

  • Satrio Budi Santoso Universitas Qamarul Huda Badaruddin
  • Fahmi Syuhada Syuhada Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu
  • Ahmad Fatoni Dwi Putra Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu

DOI:

https://doi.org/10.37824/sij.v7i1.2024.750

Keywords:

Game Pendidikan, Game Puzzle, Pahlawan Indonesia, JavaScript, Pembelajaran Menyenangkan

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis game untuk menyusun puzzle, dengan tema pahlawan Indonesia, menggunakan bahasa pemrograman JavaScript. Media pembelajaran ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman dan minat siswa terhadap sejarah pahlawan Indonesia dengan cara yang interaktif dan menyenangkan. Pengembangan game ini melibatkan tahapan perancangan, pengkodean, dan pengujian untuk memastikan fungsionalitas yang optimal. Game ini memungkinkan siswa untuk menyusun puzzle gambar pahlawan Indonesia, yang diharapkan dapat meningkatkan keterampilan kognitif serta mengenalkan siswa pada nilai-nilai perjuangan pahlawan Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan game ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan memberikan pengalaman edukasi yang menarik serta efektif dalam memperkenalkan sejarah Indonesia. Penelitian ini juga membahas keunggulan penggunaan JavaScript dalam pengembangan game berbasis web yang dapat diakses dengan mudah oleh siswa.

References

D. Tk et al., “Implementasi Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pengembangan Kemampuan Kognitif Berbasis Power Point,” vol. 7, no. 1, 2023.

A. I. Panjaitan, “Perancangan Aplikasi Memory Card Games Dengan Menerapkan Metode Multiplicative Random Number Generation,” Journal Global Technology Computer, vol. 2, no. 1, pp. 24–30, 2023, doi: 10.47065/jogtc.v2i1.2463.

W. D. Aulianti, S. A. Karim, and M. Riska, “Pengembangan Game Pendidikan Anti Korupsi Berbasis Android,” vol. 4, no. 2, pp. 27–32, 2021.

Nilawati, Riswan, D. Yeniwati, and Rafindo, “Game Edukasi Pengenalan Huruf Dan Angka Usia Dini,” Jurnal Akademika, vol. 14, no. 2, pp. 95–100, 2022, doi: 10.53564/akademika.v14i2.867.

N. Helda, S. Sanusi, and R. Suhendra, “Merancang dan Mengembangkan Game Kartu Memori Berbasis Web sebagai Media Pendidikan untuk Anak-anak,” Jurnal Minfo Polgan, vol. 12, no. 2, pp. 2326–2332, 2023, doi: 10.33395/jmp.v12i2.13252.

P. T. Informasi, F. Teknik, U. N. Surabaya, and D. B. Sujatmiko, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Memory Game (Flip Card) untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa dalam Menerapkan Pemrograman Web di SMKS Semen Gresik Fihud Amien Wahidin Abstrak,” vol. 8, pp. 198–205, 2023.

F. R. Octaviani, M. G. Danawati, and V. K. Herviani, “Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Fun Thinkers Book Kelas IV SD,” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), vol. 4, no. 3, pp. 983–992, 2024, doi: 10.53299/jppi.v4i3.655.

I. M. A and G. Arinda, “Pengaruh Media Permainan Puzzle Terhadap,” vol. 4, no. 4, pp. 7709–7712, 2023.

L. K. Hanannika and S. Sukartono, “Penerapan Media Pembelajaran Berbasis TIK pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 4, pp. 6379–6386, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3269.

J. Firnando, B. Franko, S. P. Tanzil, N. Wilyanto, C. Tan, and E. H. M. Kom, “Pembuatan Website Menggunakan Visual Studio Code di SMA Xaverius 3 Palembang,” vol. 3, no. 1, pp. 1–8, 2023.

M. Finthariasari and U. M. Bengkulu, “Pemberdayaan masyarakat desa pelangkian melalui edukasi dan literasi keuangan pasar modal menuju masyarakat cerdas berinvestasi,” Jun. 2021, doi: 10.36085/jpmbr.v3i1.763.

A. F. D. Putra, M. N. Azmi, H. Wijayanto, S. Utama, and I. G. P. W. Wedashwara Wirawan, “Optimizing Rain Prediction Model Using Random Forest and Grid Search Cross-Validation for Agriculture Sector,” MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika dan Ilmu Komputer, vol. 23, no. 3, pp. 519–530, Jul. 2024, doi: 10.30812/matrik.v23i3.3891.

Downloads

Published

2025-05-30

How to Cite

[1]
“PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME MENYUSUN PUZZLE PAHLAWAN INDONESIA BERBASIS JAVASCRIPT”, SainsTech Innovation j., vol. 7, no. 1, pp. 452–459, May 2025, doi: 10.37824/sij.v7i1.2024.750.