HUBUNGAN KREATIVITAS PEMBELAJARAN GURU DAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA SISWA KELAS X DI MA NW KECAMATAN NARMADA LOMBOK BARAT

Authors

  • sudirman sudirman Universitas Qamarul Huda Badaruddin

DOI:

https://doi.org/10.1234/pendidikan.v1i2.78

Keywords:

Kreativitas, Pembelajaran, Kognitif, Afektif, Psikomotor

Abstract

Belum optimalnya prestasi akademik siswa walaupun sudah ditunjang dengan kualifikasi pendidik yang dipersyaratkan, akan tetapi belum keseluruhan guru dapat membelajarkan Kimia kepada siswa secara kontekstual oleh karenanya  perlu ditinjau dari aspek kreativitas gurunya dalam membelajarkan Kimia tidak hanya pada domain kognitif tetapi juga pada aspek afektif dan psikomotor. Rancangan penelitian ini adalah penelitian eksperimen (experiment) menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah 5 orang guru  dan 50 siswa kelas X  MA NW di Kecamatan Narmada Lombok Barat yang dilakukan pada bulan Januari sampai Maret 2019. Hasil uji statistik menujukkan bahwa adanya perbedaan secara signifikan (P<0.05) pengaruh kreatifitas guru dan siwa terhadap hasi belajar.  Tingkat kreativitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran Kimia mempengaruhi rata-rata hasil belajar pada aspek kognitif siswa (95 % dalam ketegori baik, 3% dalam kategori cukup baik, dan 2% dalam kategori kurang baik). Pada aspek afektif,  perbedaan tingkat kreativitas guru dalam proses pembelajaran Kimia mempengaruhi rata-rata hasil belajar (50 % dalam kategori baik, 47 % dalam kategori cukup baik, dan 3 % dalam kategori kurang baik). Sedangkan pada ranah psikomotor, perbedaan tingkat kreativitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran Kimia mempengaruhi rata-rata hasil belajar (53 % dalam kategori baik, 46 % dalam kategori cukup baik, dan 1 % dalam kategori kurang baik)  di MA NW Kecamatan Narmada. Jadi kreativitas termasuk kemampuan yang harus dimiliki guru dalam melaksanakan pembelajaran Kimia guna mengembangkan kemampuan siswa secara utuh dan profesional dalam kegiatan pembelajaran khususnya tercapainya hasil belajar pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.

Downloads

Published

2019-08-05