Pengaruh Metode Problem Based Learning Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Ekonomi Terhadap Peningkatan Karakter Siswa di SMA

Authors

  • Muzakir muzakir Universitas Qamarul Huda Badaruddin

DOI:

https://doi.org/10.1234/pendidikan.v1i2.67

Keywords:

Metode Pembelajaran, Problem Based Learning (PBL, Pendekatan Saintifik, Karakter

Abstract

Salah satu komponen penting dalam keberhasilan pendidikan adalah proses pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran yang baik sangat dipengaruhi oleh perencanaan yang baik pula. Kegiatan belajar mengajar yang dilakukan oleh guru sangat mempengaruhi kegiatan belajar yang akan dilakukan oleh siswa. Keberhasilan implementasi strategi pembelajaran sangat tergantung pada bagaimana cara guru dalam menggunakan model pembelajaran itu sendiri, karena suatu strategi pembelajarn hanya mungkin dapat dilaksanakan melalui penggunaan model pembelajaran.

Penelitian ini berkaitan dengan penerapan metode Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik terhadap peningkatan karakter siswa. Tujuannnya adalah untuk mengetahui pengaruh metode Problem Based Learning terhadap peningkatan karakter siswa. Diharapkan setelah dilakukan penelitian ini maka bisa mengarahkan keaktifan siswa dan meningkatkan pola berpikir siswa melalui saling tukar menukar pengalaman informasi sehingga hasil belajar berhasil dengan maksimal. Model penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen semu atau quasi experimental design. Dimana kelas eksperimen XA dan kelas kontrol XB. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Arrahman lingkok Godak Tahun pelajaran 2017/2018 dan teknik sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik pengumpulan data adalah berupa tes pretest dan posttest dan non test berupa obervasi angket  dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Manova melalui prasyarat analisis uji normalitas dan uji homogenitas.

Downloads

Published

2019-08-05