Eksistensi Kopma Penmira UNIQHBA Sebagai Upaya Meningkatkan Jiwa Kewirausahaan
DOI:
https://doi.org/10.37824/tirai.v6i1.2023.519Keywords:
Eksistensi, Koperasi Mahasiswa, Jiwa KewirausahaanAbstract
Koperasi mahasiswa Penmira UNIQHBA merupakan salah satu wadah unit kreativitas mahasiswa yang ada di UNIQHBA. Wadah ini digunakan oleh mahasiswa sebagai ajang untuk untuk meningkatkan kreativitas dan mempraktekkan konsep yang didapatkan pada mata kuliah perkoperasian di bangku perkuliahan. Perjalanan kopma penmira ini telah mengalami fluktuatif atau pasang surut dari semangat para mahasiswa sebagai anggotanya. Secara pengelolaan dapat dikatagorikan baik hanya saja permasalahan yang ada kemudian pada semangat dan motivasi para anggota mengalami fluktuatif. Hal ini dapat diterima karena memang mahasiswa sebagai anggota belum bisa membagi waktu antara jadwal perkuliahan dengan kegiatan yang ada pada kopma itu sendiri. Meskipun demikian para pengurus dan pembimbing selalu berupaya dalam memberikan semangat dan motivasi kepada semua anggota untuk terus menjalankan aktivitas koperasi karena mampu memberikan dampak positif kepada mahasiswa. Eksistensi kopma penmira dapat meningkatkan jiwa kewirausahaan mahasiswa dalam hal melatih dan mendidik mahasiswa dalam mengembangkan potensi kewirausahaan. Pengurus dan anggota Kopma dituntut bertanggung jawab melaksanakan tugas dan kewajiban. Anggota dituntut aktif baik dalam menabung juga menjalankan usaha kantin koperasi sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati bersama. Dengan demikian mahasiswa belajar banyak tentang koperasi, berorganisasi, manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, prosedur pencatatan akuntansi, manajemen usaha, manajerial, komunikasi, melakukan kerjasama dengan orang lain, membangun jaringan dan lain sebagainya. Adapun sikap dan mental yang bisa ditingkatkan dalam mengikuti koperasi mahasiswa diantaranya leadership, pengambilan resiko, kepercayaan diri, kreativitas, berorientasi masa depan dan berorientasi pada tugas dan hasil.
References
H. Martinus, “Analisis Industri Retail Nasional,” Humaniora, vol. 2, no. 2, 2011, doi: 10.21512/humaniora.v2i2.3193.
A. L. Kadiyono, “Efektivitas Pengembangan Potensi Diri dan Orientasi Wirausaha dalam Meningkatkan Sikap Wirausaha,” J. Interv. Psikol., vol. 6, no. 1, 2014, doi: 10.20885/intervensipsikologi.vol6.iss1.art2.
I. Mirna Noventri, J. Perawitan Pakpahan, J. Wardani Pane, and L. Hutabarat, “Peran Kewirausahaan Berbasis Digital Dalam Mengurangi Tingkat Pengangguran,” J. Millenn. Community, vol. 3, no. 2, 2022, doi: 10.24114/jmic.v3i2.32339.
H. Mopangga, “Studi Kasus Pengembangan Wirausaha Berbasis Teknologi (Technopreneurship) di Provinsi Gorontalo,” TRIKONOMIKA, vol. 14, no. 1, 2015, doi: 10.23969/trikonomika.v14i1.587.
M. Sapka and A. Marazaenal, “Peran Koperasi Siswa Dalam Mengembangkan Jiwa Kewirausahaan Siswa Sman 1 Mataram,” Tirai Edukasi, vol. 2, no. 1, 2019.
M. Darwis, R. Kumar, R. Niswaty, and M. Nasrullah, “Pengaruh Pembelajaran Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa,” J. Ilm. Feasible, vol. 3, no. 1, 2021, doi: 10.32493/fb.v3i1.2021.31-41.8694.
P. Y. Aprillianita, E. Ahman, and K. Kodri, “Internalisasi soft skills dan minat kewirausahaan dalam pembentukan jiwa kewirausahaan,” J. Ris. Pendidik. Ekon., vol. 5, no. 2, 2020, doi: 10.21067/jrpe.v5i2.4578.
M. Thoharudin and Y. Suriyanti, “Peranan Koperasi Mahasiswa Dalam Membentuk Mental Enterpreneurship Mahasiswa,” SOSIO Didakt. Soc. Sci. Educ. J., vol. 4, no. 2, 2017.
I. G. A. K. G. Suasana, A. A. G. Suarjaya, and I. M. Dana, “Pengembangan Kinerja Organisasi: Menggali Minat Untuk Menjadi Anggota Koperasi Mahasiswa Di Universitas Udayana Bali,” INOBIS J. Inov. Bisnis dan Manaj. Indones., vol. 2, no. 2, 2019, doi: 10.31842/jurnal-inobis.v2i2.92.
M. T. Thoharudin and Y. Suriyanti, “Peranan Koperasi Mahasiswa Dalam Membentuk Karakter Kewirausahaan,” SOSIO Didakt. Soc. Sci. Educ. J., vol. 4, no. 2, 2017.
N. Nurhalim, M. Z. A. Saputra, N. S. Ningsih, A. Amirullah, M. Musli, and J. Jamrizal, “Konsep Kepemimpinan: Pengertian, Peran, Urgensi dan Profil Kepemimpinan,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 7, no. 1, 2023.
Kasmir, “Kewirausahaan Edisi Revisi,” in Kewirausahaan edisi revisi, 2014.
R. Aristiani, “Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audiovisual,” J. KONSELING GUSJIGANG, vol. 2, no. 2, 2016, doi: 10.24176/jkg.v2i2.717.