Efektivitas Penyusunan Rencana Kegiatan Dan Anggaran Sekolah (RKAS) Dalam Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan Pada Sekolah Menengah Kejuruan Swasta (SMKS) Kota Mataram

Authors

  • Yohana Yohana Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu

DOI:

https://doi.org/10.37824/tirai.v6i1.2023.517

Keywords:

Efektivitas, RKAS, Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan

Abstract

Rencana Kegiatan dan Anggaran sekolah (RKAS) yang  telah disusun di implementasikan untuk pengelolaan pembiayaan pendidikan di sekolah menengah kejuruan Kota Mataram secara transparanssi, akuntabilitas efesien dan efektif.  Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan ialah mempersiapkan pembukuan, melaksanakan pembelanjaan dan membuat transaksi, membuat perhitungan, mengawasi pelaksanaan sesuai dengan prosedur kerja yang berlaku, serta membuat laporan dan pertanggung jawaban keuangan. Dana yang diperoleh dari berbagai sumber  perlu digunakan untuk kepentingan sekolah, khususnya kegiatan belajar  mengajar secara efektif dan efisien. Maka  setiap pemasukan dana, maupun pengeluarrannnya harus didasarkan pada kebutuhan-kebutuhan yang telah disesuaikan dengan rencana anggaran pembiayaan sekolah (RAPBS). Dari pengamatan yang telah dilakukan pada SMKS Kota Mataram di dapatkan informasi bahwa dalam penyusunan RKAS masih belum di susun secara optimal dan belum memenuhi delapan standar yang dipersyaratkan dalam standar pendidikan nasional oleh karena permasalahan tersebut  maka peneliti melakukan penelitian dengan judul Efektivitas Penyusunan Rencana Kegiatan Dan Anggaran Sekolah (RKAS) Dalam Pengelolaan Pembiayaan Pendidikan Pada  Sekolah Menengah Kejuruan Swasta (SMKS) Kota Mataram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1). Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) SMKS Kota Mataram, 2) efektivitas penyususunan Rencana Keggiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) dalam pengelolaan pembiayaan pendidikan. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah SMKS  Kota Mataram’, data dikumpulkan dengan metode wawancara, kuesioner dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: 1). Rencana kegiatan dan anggaran sekolah  (RKAS) secara total sudah dianggarkan dengan baik, 2). Efektivitas Rencana kegiatan dan anggaran sekolah (RKAS)  secara total berada pada kategori  efektif.

References

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan

PP Nomor 18 Tahun 2022 tentang perubahan atas PP Nomor 48 Tahun 2008 tentang pendanaan pendidikan

Permendikbud No 1 Tahun 2018 Tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah

Perarturan Pemerintah No.17 Tahun 2010 tentang Standar Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan

www.jdih.kemdikbud.go.id.

Pasolong, Harbani, 2013, “Teori Administrasi Publik,” Bandung: Alfabeta

Setyawati, Sulis, “Efektivitas Pengalokasian Dana Desa Di Desa Karang Tunggal Kecamatan Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara,” e-Journal Administrasi Negara, Vol 5 Nomor 3 Fisip-unmul.ac.id, 2017

Arwildayanto, Nina Lamatenggo, dkk. 2017. “Manajemen Keuangan dan Pembiayaan Pendidikan,” Widya Padjadjaran

Matin dan Nurhattati Fuad, 2014, “Manajemen Pembiayaan Pendidikan: Konsep dan Aplikasinya. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 63 Tahun 2022 Tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Satuan Pendidikan

Rekasari, M. H. “Efektivitas Pengelolaan Keuangan Sekolah (Study Evaluativ Di SMA Negeri 7 Bengkulu Selatan)” Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 14(2), 83–91, 2020 , https://doi.org/10.33369/mapen.v14i2.12870

Anugraheni Puspita, Perencanaan Rencana Kegiatan Dan Anggaran Sekolah (RKAS) Di SMA Negeri 13 Surabaya”, Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI) Surabaya, 2023

www.bos.kemdikbud.go.id

Downloads

Published

2023-06-30