Peran Pendidikan IPS dalam membangun karakter dan kewirausahaan siswa untuk Menghadapi Tantangan Di Era Society 5.0

Authors

  • Muzakir Muzakir Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu
  • Sutajaya I Made Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gst Putu Sudiarta Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.37824/tirai.v6i1.2023.493

Keywords:

Pendidikan IPS, karakter, kewirausahaan

Abstract

Dalam menghadapi era society 5.0 dibutuhkan karakter dan kemampuan kewirausahaan yang unggul dan handal. Pendidikan IPS memiliki peran dalam menyiapkan karakter dan kemampuan kewirausahaan bagi siswa untuk menghadapi era society 5.0. Karakter yang kewirausahaan sangat penting untuk ditumbuhkan dan dikembangkan dalam diri siswa melalui pendidikan IPS adalah disiplin, kreatif, jujur, religius, toleransi, rasa ingin tahu, tanggung jawab, peduli. Sedangkan kemampuan kewirausahaan yang penting untuk ditumbuhkan dalam diri siswa dalam menghadapai era society 5.0 antara lain memiliki motif untuk berprestasi, berdaya cipta tinggi, memiliki perilaku inovatif tinggi, memiliki komitmen dalam pekerjaan, memiliki etos kerja dan tanggung jawab, mandiri atau tidak tergantung pada orang lain, berani menghadapi resiko, selalu mencari peluang, memiliki jiwa kepemimpinan, memiliki kemampuan manajerial dan memiliki kemampuan personal, percaya diri, berorientasi pada tugas dan hasil; 3) pengambil resiko dan suka tantangan; 4) kepemimpinan; 5) keorisinalan; dan 6) berorientasi pada masa depan.  Karakter dan kemampuan kewirausahaan tersebut perlu dikembangkan dalam pendidikan IPS di sekolah dalam upaya membekali siswa dalam menghadapi tantang hidup di era society 5.0  

References

Awulloh., Abdul, dkk. “Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Era Society 5.0 Study Kasus Di UPTD SDN 4 Margadadi”. Prosiding dan Web Seminar (Webinar) “Standarisasi Pendidikan Sekolah Dasar Menuju Era Human Society 5.0”, Cirebon, 28 Juni 2021

Handayani, Ni Made Ari Putri dkk. “Pentingnya Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0 Bagi Generasi Z Untuk Memajukan Bangsa,” Prosiding webinar Nasional pecan ilmiah Pelajar (PILAR). Universitas Mahasaraswati Denpasar. ISSN. 2830-5310, 2022

Isrososiawan., S. “Peran Kewirausahaan Dalam Pendidikan. Society,” Jurnal Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi, Edisi IX, April 2013.

Kemenko PMK. Pendidikan Berperan Penting dalam Menyongsong Smart Society 5.0. https://www.kemenkopmk.go.id/pendidikan-berperan-penting-dalammenyongsong-smart-society-50.

Kusmiani, Ani & Rahayu, Kanti. 2021. Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Menghadapi Era Masyarakat 5.0 di SDN Palimanan Barat 1. Prosiding dan Web Seminar (Webinar) “Standarisasi Pendidikan Sekolah Dasar Menuju Era Human Society 5.0”, Cirebon, 28 Juni 2021

Subandowo, M. “Teknologi Pendidikan di Era Society 5.0,” Sagacious Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial, Vol. 9, No. 1, 24-35, ISSN:2355-8911,2022

Mirzaqon. T, A dan Budi Purwoko, “Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori dan Praktik Konseling Expressive Writing,” Jurnal BK Unesa, 8(1), 2017.

Nasution, T. dan Lubis, M.A. Konsep Dasar IPS, Yogyakarta: Samudra Biru, 2018

Peluang Wirausaha pada Era Society 5.0. https://www.kompasiana.com/attenciocentra4186/6305f187c835121867405a22/peluang-wirausaha-pada-era-society-5-0

Raihanah Sari & Mahmudah Hasanah.. Pendidikan Kewirausahaan. Yogyakarta: K-Media, 2019

Rezky, Monovatra Predy. Dkk., “Generasi Milenial yang Siap Menghadapi Era Revolusi Digital (Society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0) di Bidang Pendidikan Melalui Pengembangan Sumber Daya Manusia,” Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, Universitas Negeri Semarang. 2019.

Sari & Asmendri, “Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA,” NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6 (1), 2020, (41-53) ISSN: 2715-470X (Online), 2477 – 6181(Cetak)

Society 5.0. https://campus.quipper.com/ kampuspedia/society-5-0

Susanti, Eka & Endayani, Henni, Konsep Dasar IPS, Medan: CV. Widya Puspita, 2018.

Teknowijoyo, F. & Marpelina, Leni. “Relevansi Industri 4.0 dan Society 5.0 Terhadap Pendidikan Di Indonesia”. Educatio: Jurnal Ilmu Kependidikan, Vol. 16, No 2 Desember 2021, hal. 173-184 e-ISSN:2527-9998 2021. DOI:10.29408/edc.v16i2.4492 http://ejournal.hamzanwadi.ac.id/index.php/edc

Wirausaha di Era Society 5.0: https://www.duniakampus40.net/2020/12/wirausaha-di-era-society-50.html

Zed, M. 2014. Metode Penelitian Kepustakaan, Cet.3. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Usmaedi. 2021, “Education Curriculum For Society 5.0 In The Next Decade,” Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, Volume 4 (2) Januari 2021 Copyright ©2020 STKIP Setiabudhi ISSN: 2580-9466 (Print) / ISSN: 2621-4997 (Online) Available at: https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpd

Sardiman AM. 2014, “Posisi IPS, Tantangan Masa Depan, dan Alternatif Baru,” SOCIA jurnal Ilmu-Ilmu Sosial. September 2014, vol. 11, no. 2 , 140-150

Downloads

Published

2023-06-30