Pengaruh Penerapan Cooperative Learning Tipe Make A Match Menggunakan Media Tangga Logartima Pada Materi Pokok Fungsi Logaritma Kelas X Ma Qamarul Huda Bagu

Authors

  • Julia Kartika Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu
  • Sudirman Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu
  • Moh. Supratman Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu

Keywords:

cooperative learning, hasil belajar, make a match, media tangga logatirma

Abstract

Dalam pembelajran matematika permasalahan yang sering ditemukan adalah kurangnya minat belajar siswa sehingga membuat hasil belajar siswa rendah. Salah satu hal yang membuat minat belajar siswa rendah adalah kurangnya penggunaan model/metode pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Selain itu juga kurangnya penggunaaan alat peraga untuk menunjang proses pembelajaran. Untu itulah penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan  Cooperative Learning Tipe Make A Match Menggunakan Media Tangga Logaritma Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Fungsi Logaritma Siswa Kelas X MA Qamarul Huda BaguTahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan  penelitian eksperimen semu. Populasi dalam peneitian ini adalah siswa kelas X yang terdiri dari 147 siswa. Penelitian ini dilaksanakan  pada bulan September-Oktober bertempat di MA Qamarul Huda Bagu. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara: (1) Memberikan tes sebelum treatment, (2) Melaksanakan proses pembelajaran matematika menggunakan metode kooperatif tipe Make A Match menggunakan media tangga logaritma, (3) memberikan tes akhir.  Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah tehnik simple random sampling dimana 18 siswa pada kelas eksperimen dan 21 siswa pada kelas control. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui tes hasil belajar siswa berupa essay pada pretest dan posttest. Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik tes dan dokumentasi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa: silabus, RPP, Tes soal pre-tes dan pos-tes, Media pembelajaran. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis satatistik inferensial dengan uji Independent Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruuh penggunaan cooperative learning learning tipe make a match menggunakan media tangga logaritma terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok fungsi logaritma kelas X MA Qamarul Huda Bagu tahun pelajaran 2019/2020. Dapat dilihat dari hasil uji statistic yaitu uji independent sample t-test dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,024. Karena nilai sig < 0,05 , sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.

References

Sudirman, “HUBUNGAN KREATIVITAS PEMBELAJARAN GURU DAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA SISWA KELAS X DI MA NW KECAMATAN NARMADA LOMBOK BARAT Sudirman,” Vol. 2, 2019.

S. Sudirman, “PENGEMBANGANAPLIKASI UNTUK PEMANTAUAN DAN,” Vol. 3, No. 2, 2020.

S. Sudirman, “Pengembangan Aplikasi Untuk Pemantauan Dan Evaluasi Pendidikan Anak Usia Dini,” INFOTECH J. Inform. Teknol., Vol. 1, No. 2, Pp. 107–115, 2020, Doi: 10.37373/Infotech.V1i2.61.

S. Sudirman, “Online System On Monitoring And Feedback For Education,” JISA(Jurnal Inform. Dan Sains), Vol. 4, No. 1, Pp. 73–79, 2021, Doi: 10.31326/Jisa.V4i1.900.

Dimyati Dan Mudijono. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Thabrani ,Rusyan, 2006. Pendidikan Budi Pekerti. Jakarta: Inti Media Nusantara.

Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan Metode Dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.

Y. I. Kurniawan, E. Soviana, And I. Yuliana, “Merging Pearson Correlation And TAN-ELR Algorithm In Recommender System,” In AIP Conference Proceedings, 2018, Vol. 1977.

M. Sridevi, S. Aishwarya, A. Nidheesha, And D. Bokadia, Anomaly Detection By Using CFS Subset And Neural Network With WEKA Tools. Springer Singapore.

Downloads

Published

2021-12-31