Implementasi Metode Demonstasi dalam Pembelajaran Teks Eksplanasi Peserta Didik SMA N 1 Praya Tengah
DOI:
https://doi.org/10.37824/tirai.v5i1.2022.425Keywords:
demonstrasi, eksplanasi, keterampilan menulisAbstract
Tujuan pengkajian ini ialah untuk meningkatkan: (1) kualitas proses pembelajaran menulis ekspositori, dan (2) keterampilan menulis eksplanasi dengan menggunakan metode pembelajaran model. Lokasi pengkajian ini ialah SMA Negeri 1 Praya Tengah. Hasil pengkajian ini menunjukkan bahwa: (1) Metode demonstrasi bisa meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis teks eksplanasi, ditandai dengan peningkatan kapasitas pendidik dan peserta didik. Pada periode pertama rata-rata kapasitas pendidik 70,83 (cukup), dan periode kedua rata-rata kapasitas pendidik 81,05 (baik). Rata-rata prestasi belajar peserta didik pada tahap I ialah 59,3 (bawah), dan rata-rata prestasi belajar peserta didik pada tahap II ialah 81,16 (baik); (2) Model hukum bisa meningkatkan prestasi belajar peserta didik di kelas XI MIA 1 SMA Negeri 1 Praya Tengan kelas pada tahun ajaran 2021/2022 kecakapanmenulis ekspositori dengan angka ketuntasan minimal 75. Rata-rata kecakapanmenulis ekspositori peserta didik ialah 74,7 persen sebesar 62,5% dan pada tahap II angka rerata kecakapanmenulis teks eksplanasi peserta didik sebesar 82,3 dengan persentase sebesar 90,9%.
References
Faqih hidayaturrakhman Herman,Kundharu Saddhono,Budi Waluyo (2022) jurnal.
Bahri, Syaiful., & Aswan, Zain. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Darminto, Riyo. (2010). Hubungan Antara Penguasaan Kosa Kata Dan Kalimat Efektif Dengan Keterampilan Menulis Narasi Peserta didik Kelas V Sdn Wonokusumo V Surabaya. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Volume 7.
Iline, C. S. (2013). Impacts of the Demonstration Method in the Teaching and Learning of Hearing-Impaired Children.IOSR Journal Of Humanities And Social Science, Volume 12, 48-54.
Kristiani, K. W., Sriasih, S. A. P., Astika, I. M. (2015). Implementasi Metode Demonstrasi Pendidik Bahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Teks Prosedur Pada Peserta didik Kelas VIII A1 SMP Negeri 3 Sawan. E-Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 3, 1-12.
Sanjaya, Wijaya. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Sudjana, Nana. (2014). Peangkaan Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.