Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GI (Group Investigation) Dan STAD (Student Team-Achievement) Pada Pembelajaran IPA (Fisika) ditinjau Dari Sikap Ilmiah

Authors

  • Nora Listantia Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu
  • Baiq Dina Hardianti Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu
  • Temi Ainul Safitri Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu

DOI:

https://doi.org/10.37824/tirai.v5i2.2022.415

Keywords:

GI, kooperatif , prestasi belajar, sikap ilmiah, STAD

Abstract

Tujuan pendidikan sains yaitu menghantarkan siswa pada penguasaan konsep-konsep IPA dan saling keterkaitannya serta mampu menggunakan metode ilmiah yang dilandasi sikap ilmiah untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan dua perlakuan, yang melibatkan dua kelompok eksperimen. Kelompok pertama diberikan pembelajaran dengan GI sedangkan kelompok yang kedua diberikan pembelajaran dengan STAD. Sebelum pembelajaran, dilakukan pengumpulan sikap ilmiah siswa. Pada akhir pembelajaran kedua kelompok diberikan tes prestasi belajar. Setelah itu dilakukan analisa data untuk mengetahui tujuan pembelajaran yang telah disusun. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA yang terbagi menjadi 6 kelas. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu (1) Tes Prestasi Belajar (2) Angket sikap ilmiah. Hasil analisis data menggunakan analisis varians (ANAVA) dua jalan diperoleh fakta bahwa terdapat perbedaan pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif  tipe GI dan STAD terhadap prestasi belajar.. Dari nilai rata-ratanya menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa yang mempunyai sikap ilmiah tinggi lebih baik dari siswa yang mempunyai sikap ilmiah rendah. Interaksi antara model pembelajaran dan sikap ilmiah dan tidak terjadi interaksi antara model pembelajaran dengan sikap ilmiah. Hal ini menunjukkan bahwa interaksi antara model pembelajaran dan sikap ilmiah tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar.

References

Dahar, Ratna Wilis. Teori-teori Belajar, Erlangga: Jakarta. 1989.

Dimyati dan Midjiono. Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta : Jakarta. 2002.

Furchan, Arif. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan, Usaha Nasional : Surabaya.2007.

Gafur, Abdul. Disain instruksional. Tiga Serangkai : Solo. 1998.

Gunawan, Yusuf. pengantar bimbingan dan konseling, PT. Prenhanlindo : Jakarta. 2001.

Hadi, Sutrisno. Metodologi Research (Jilid-2). ANDI : Yogyakarta. 2004.

Kartawan, I Made Arya. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi belajar IPA (Studi Eksperimentasi pada Siswa SMU N di Kota Singaraja). Tesis (Tidak Diterbitkan). IKIP : Singaraja. 2004.

Widada, W. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMU Yang Berorientasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw”. Tesis Magister Pendidikan, PPs IKIP Surabaya : Surabaya. 1999.

Winkel,W.S. Psikologi Pembelajaran. Media Abadi : Yogyakarta. 2017.

Downloads

Published

2022-12-31