Analisis Kebutuhan Modal Kerja Terhadap Peningkatan Ekonomi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Dusun Gunung Komak Desa Setiling

Authors

  • Endi Irawan Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu
  • Refrendi Haeri Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu
  • Yohana Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu

Keywords:

analisis kebutuhan, modal kerja, UMKM

Abstract

Secara umum modal kerja merupakan faktor penting bagi perusahaan, setiap perusahaan harus mempunyai modal kerja yang cukup untuk kelansungan kegiatan oprasional yang di gunakan untuk membeli bahan baku, membayar upah kariawan membayar hutang dan pembayaran lainnya. adapun UMKM adalah unit usaha froduktif yang berdiri sendiri, yang di lakukan oleh orang perorangan atau badan usaha di semua sektor ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan modal kerja pada usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di dusun gunung komak desa setiling. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari secara intensif tentang latar belakang keadan sekarang, atau merupakan keadaan di masa yang akan datang. Penelitian lapangan di lakukan dengan menggali data yang bersumber dari lokasi atau lapangan yang berkenaan dengan kebutuhan modal kerja pada usaha mikro kecil dan menengah  (UMKM) di dusun gunung komak desa setiling dan tehnik yang di gunakan adalah tehnik wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitiannya ini menunjukkan bahwa modal kerja tambahan yang di butuhkan oleh Toko Alena sebesar Rp.76.545.000, Toko ibu Nia sebesar Rp.18.600.000, Toko ibu Yuni sebesar Rp.30.625.000, dan Toko mebel sebesar Rp.67.360.000.

References

Aprilia, H. (2018) Pengaruh Bantuan Modal Usaha Produktif Terhadap Peningkatan Pendapatan Mustahik Pada Baitul Mal Aceh. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Hasanudin, (2016) peran usaha kecil dan menengah (UMKM)di indonesia: skripsi

Harmono, (2017), Manajmen Keuangan. Aksara : Jakarta.

I putu, N. (2021) Tata kelola manajmen keuangan usaha mikro kecil dan menengah. Buku penerbit CV cahaya bintang cemerlang.

Jumingan, (2011) Analisis Laporan Keuangan.Jakarta: PT Bumi Aksara.

Karini, I. (2017) analisis peran pembiayaan modal kerja usaha terhadap peningkatan usaha ikro kecil dan menengah dalam perspektif ekonomi islam: skripsi.

Kasmir, (2016) Analisis Laporan Keuangan.Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Kamaruddin, A. (2012) Dasar-Dasar Manajemen Modal Kerja Cetakan I, Jakarta: PT.Rineka Cipta.

D. Handoko, “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penentuan Penerima Beasiswa Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW),” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016.

Lembaga pengabdian masyarakat (2021) , pengertian desain penelitian, karaktristik dan jenisnya.

Marzuki, U. (2013) kiat sukses pengusaha kecil,(jakarta: jurnal keuangan dan moneter institusi banker indonesia).

Mitha Cristina,(2018), Peran Modal Kerja Dalam Meningkatkan Profitabilitas, jurnal manajmen v-4 no 2.

Muchtar, A. F. (2010) Panduan Praktis Strategi Memenangkan Persaigan Usaha dan Menyusun Business Plan, Jakarta: Elex Media Komputindo

Munawir, S. (2012) Analisa Laporan Keuangan.Liberty. Yogyakarta.

Mutiara ananda, (2021) ‘’peran usaha mikro ecil dan menengah (UMKM) dalam perekonomian indonesia, jurnal ilmiah.

Ningtias M. (2021) peran usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) tahu dalam meningkatkan kesejahtraan masyarakat Abian tubuh. Skripsi.

Nurul Huda, (2019), Efisiensi Penggunaan Modal Kerja Pada PT. Holcim Tbk V-8 No 1.

Rabiatul A.(2017) faktor penghambat pertumbuhan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Study di kabupaten bayumas. Jurnal ilmiah.

Sri, M., & Muhammad., S. (2013) “Peran Keuangan Lembaga Mikro Syariah Untuk Usaha Mikro di Wonogiri”, Proceeding Seminar Nasional dan Call For Papers Sancall, Surakarta.

Sugiono, (2011) metode penelitian bisnis, alfabeta, bandung.

Sutrisno, (2017), ”manajmen keuangan teori, konsep, dan aplikasi.” Edisi kedua cetakan pertama. Yogyakarta:EKONESIA h-43.

Tulus, T.H. (2017) Tambunan, “usaha mikro, keci, dan menengah” cet.ke-1 bohor: penerbit ghalia indonesia.

Downloads

Published

2022-12-31