Upaya Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Sepuluh Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di MA Sirajul Huda Tahun Ajaran 2021-2022

Authors

  • Robi Rozali Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu
  • Muzakir Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu
  • Suandi Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu

Keywords:

berpikir kritis, mata pelajaran ekonomi, upaya guru

Abstract

Keterampilan berpikir kritis menjadi salah satu faktor yang mendukung keberhasilan belajar. Berpikir kritis juga dipandang sebagai suatu keyakinan yang kuat dan hati-hati dengan maksud untuk mengontraskan sistem berpikir seseorang yang tidak efektif atau tanpa melibatkan pemikiran yang komprehensif. Dalam pembelajaran guru memiliki peranan strategis dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis pada siswa, sehingga dalam proses pengembangan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan Exspos Facto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumntasi dan wawancara. Untuk menguji keabsahan data menggunakan  perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Untuk menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah berupaya dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Upaya-upaya guru tersebut dapat dilihat dari beberapa hal sebagai berikut: 1. Penggunaan metode pembelajaran yang dimana metode pembelajaran yang pernah digunakan adalah metode saintifik meskipun guru sering juga dalam menggunakan metode ceramah. Selain menggunakan metode pembelajaran, ibu Jumati selaku guru ekonomi di kelas sepuluh juga menggunakan metode diskusi dan diskusi kelompok dalam pembelajaran. 2. Selain menggunakan metode pembelajaran, ibu Jumati juga pernah menggunakan media pembelajaran yang dimana media pembelajaran yang digunakan adalah LKS dan juga media power point. 3. Instrument pembelajaran yang digunakan adalah tentang pengangguran, dimana siswa terlihat aktif dalam proses pemblejaran tersebut.

References

S. Sudirman, “PENGEMBANGANAPLIKASI UNTUK PEMANTAUAN DAN,” vol. 3, no. 2, 2020.

S. Sudirman et al., “Praktik Penilaian Guru Pendidikan Sains antara Keyakinan atau Pengetahuan Guru? Perspektif Filsafat,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 7, no. 3c, pp. 2018–2025, 2022, doi: 10.29303/jipp.v7i3c.889.

Alma, Buchari.(2013). Guru Professional Menguasai Metode Dan Terampil Mengajar. Bandung: Alphabeta.

Anwar, Muhammad. (2018). Menjadi Guru Professional. Jakarta: Prenanda Media Grup.

Arikunto, Suharsimi.(2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Aqib, Zaenal.(2012). Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Bandung.Yrama Widia.

Djamarah, Saiful Bahri.(2010) Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah Saiful Bahri. (2012) Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta Edora.(2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Krtis Peserta Didik. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi. Vol. 7.

El khuluqo, Ihsana (2017) Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hadari, Nawawi (2015). Kepemimpinan Yang Efekktif, Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Hamid Darmadi. (2015).Tugas Peran Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Professional. Jurnal Edukasi.

Indri Anugraheni. (2020). Analisis Kesulitan Mahasiswa Dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika.

Mauliana, Wahyudi. (2020). Kajian Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 5.

Oemar, Hamalik.(2010). Proses Belajar Mengajar, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Orin Asdarina, Rahmat Johar, Hajidin.(2019). Upaya Guru Mengembangkan Karakter Berpikir Kritis Dan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Peluang.

Ratna Purwati, Hobri, Arif Fatahillah.(2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat Pada Pembelajaran Model Kreatif Problem Solving. Jurnal Analisis Kemampuan Berpikir Kritis.

Downloads

Published

2022-12-31