Efektivitas Pendekatan Saintifik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi

Authors

  • Mansur Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu
  • Muzakir Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu
  • Suandi Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu

DOI:

https://doi.org/10.37824/tirai.v5i2.2022.380

Keywords:

efektivitas, hasil belajar, pendekatan saintifik

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan. Peneliti melihat fenomena dilapangan, ada beberapa permasalah yang di angkat dalam penelitian ini diantaranya adalah 1. Peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran jarang bertanya maupun mengemukakan atau mengkomunikasikan pendapatnya karena terbiasa hanya mendengarkan penjelasan dari guru. (2). Saat pembentukan kelompok, sebagian peserta didik hanya ingin berkelompok dengan teman dekatnya saja sehingga pada saat dikelompokkan dengan teman yang lain banyak kekacauandan keributan di kelas. (3). Karakter tanggung jawab yang dimiliki peserta didik cenderung kurang, hal ini terlihat pada saat berkelompok siswa sering tidak mengerjakan tugas atau jika diberikan tugas di dalam kelompok hanya beberapa siswa yang mengerjakan. (4). guru hanya menggunakan metode ceramah dan menulis sehingga siswa cendrung bosen dalam belajar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa setelah menggunakan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran  dibandingkan dengan menggunakan cara tradisional. Penelitan ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Pengambilan sampel ini menggunakan tehnik jenis probabilitiy sampling, Penelitian ini untuk pengumpulan data menggunakan  test, dokumentasi, observasi.. Penelitian ini menggunakan instrumen pretest dan postest untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan pendekatan saintifik. Adapun sampel dari penelitian ini adalah 20 siswa, untuk menganalisis data menggunakan analisis ANAVA satu jalur yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan saintifik dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Dari uji hasil belajar siswa setelah menggunakan pendekatan saintifik didapatkan hasil nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 atau nilai rhitung 0,778 > 0,226 rtabel, maka H0 ditolak Ha diterima yang artinya ada efektivitas pendekatan saintifik dalam menigkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di MA Qamarul huda bagu. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini bahwa ada perbedaan dalam hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pendekatan saintifik di bandingkandengan motode tradisional, maka dari itu disarankan bagi Orang Tua, Guru, agar lebih memperhatikan lagi perkembangan efektivitas belajar anak dengan memberikan contoh yang baik.

References

A. M. Sardiman. (2016). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: P1 RajaGrafindo Persada.

Abdul Majid, 2014 PT Remaja Rosdakarya Pembelajaran Tematik Terpadu Bandung: Alauddin University Press, 2014

Asmawati, E., & Nurhayati, L. 2016. Penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan proses siswa pada konsep siklus air.

Daryanto, 2013 Cet. I, Yogyakarta: Gava Media, Pendekatan Pembelajaran Saintifik

Dimyati dan Mudjiono. 2013 Jakarta: Rineka Cipta Belajar dan Pembelajaran.

Engkoswara dan Aan Komaria 2012, Bandung: Alfabeta.

Hariyanto Suyono, 2016 Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar

Hariyanto. 2015. Bandung: Rosdakarya, Implementasi Belajar dan Pembelajaran.

Hosnan, 2016. III: Bogor: Ghalia Indonesia, Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum

Hosnan, Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013,

Misykat Malik Ibrahim, 2013 Cet. I Makassar: Implementasi Kurikulum 2013: Rekonstruksi Kompetensi, Revolusi pembelajaran dan Reformasi Penilaian

Ridwan Abduliah Sani, 2015 Cet. III-Jakarta: Bumi Aksara Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013

Sitti Mania, 2017 Asesmen Autentik untuk Pembelajaran Aktif dan Kreatif: Implementasi Kurikulum 2013.

Slameto. 2017 Jakarta: PT Remaja Rosdakarya Rineka Cipta Sudjana, N. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung:Sudijono, A. 2012. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada. Pengantar Evaluasi Pendidikan.

Usman Samatowa, 2016 Jakarta: Dirjen DiktiDepdiknas, Bagaimana Membelajarkan IPA di SD

Downloads

Published

2022-12-31