Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

Authors

  • Vokal Jannah Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu
  • Sudirman Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu
  • Moh. Supratman Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu

DOI:

https://doi.org/10.37824/tirai.v4i2.2021.365

Keywords:

berpikir kritis matematis, model pembelajaran, student facilitator explaning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui pengaruh model student facilitator and explaning terhadap kemampuan  berpikir kritis matematis siswa kelas V SDN Pringgarata Timur.Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan Pree Ekpremental Design. Dalam teknik pengambilan sampel, penulis menggunakan Sampling Jenuh. Sampel jenuh bisa dilakukan bila populasinya kurang dari 30 orang. Sampel di ambil dengan secara langsung kelas V di SDN Pringgarata Timur, dan sampel yang direncakan sebanyak 28 orang siswa. Karena siswa kurang dari 30 maka seluruh populasi dapat dijadikan sampel. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dokumentasi dan tes, Untuk mengetahui pengaruh model student facilitator and explaning terhadap berpikir kritis matematis siswa kelas V SDN Pringgarata Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Pringgarata Timur. Model pembelajaran student facilitator and explaining adalah tipe pembelajaran kooperatif  yang menekankan pada struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi peserta didik dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaaan materi.  Dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil belajar matematika Posttest lebih tinggi dibandingkan Pretest, yaitu Posstest 80,17% >Pretestest 55,71%.

References

Sudirman, “HUBUNGAN KREATIVITAS PEMBELAJARAN GURU DAN SISWA DENGAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA SISWA KELAS X DI MA NW KECAMATAN NARMADA LOMBOK BARAT Sudirman,” vol. 2, 2019.

S. Sudirman, “Pengembangan Aplikasi Untuk Pemantauan Dan Evaluasi Pendidikan Anak Usia Dini,” INFOTECH J. Inform. Teknol., vol. 1, no. 2, pp. 107–115, 2020, doi: 10.37373/infotech.v1i2.61.

S. Sudirman et al., “Praktik Penilaian Guru Pendidikan Sains antara Keyakinan atau Pengetahuan Guru? Perspektif Filsafat,” J. Ilm. Profesi Pendidik., vol. 7, no. 3c, pp. 2018–2025, 2022, doi: 10.29303/jipp.v7i3c.889.

Dina, Mayadiana Suwarna. 2016. Suatu Alternatif Pembelajaran Berpikir Kritis Matematis. Jakarta: Tim Cakrawala.

Kadir. 2018. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Huda, Miftahul. 2017. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Lestari, Indah. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Student and Facilitatir and Explaning Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganseha.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-12-31