Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Dengan Media Motul Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat

Authors

  • Zema yuuliana Aulan Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu
  • Sudirman Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu
  • Supratman Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu

Keywords:

hasil belajar, media motul, model pembelajaran kooperatif TGT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatife tipe team game tournament (TGT) dengan media motul efektif terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al Qadir Menemneg. Penentuan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Sampel penelitian terdiri dari 23 siswa. Pengambilan data menggunakan instrument test berupa uraian pretest dan posttest. Data dianalisis menggunakan uji non parametrik Wilcoxon pada signifikasi 5% menggunakan software SPSS Statistik versi 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) nilai P<0.05 yaitu 0.00 artinya H0 ditolak dan Ha diterima artinya ada perbedaan yang nyata/significant penggunaan model pembelajaran Team Game Tournament dengan menggunakan media MOTUL terhadap hasil belajar. (2) Metode pembelajaran kooperatife tipe TGT dengan media motul efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat, dimana rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 64,35 menjadi 85,22.

References

Cahaya karlina, (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Muhammadiyah Gerso. Skripsi.pendidikan ilmu pengetahuan social. Skripsi.fakultas keguruan dan ilmu pengetahuan Universitas Ahmad Dahlan.

Zakia Amni & Hadi K, (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperative Tipe TGT Berbantuan Media Destinasi Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal inovasi pendidikan kimia. Vol. 15 (2), 2840-2848.

Supriatin & Caswita, (2015). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatife Tipe TGT Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal pendidikan matematika. Vol. 3 (5).

Agus Made & Wayan Rao, (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatife Tipe TGT Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 5 (2).

Downloads

Published

2021-12-31