Efektivitas Pembelajaran Tatap Muka dengan Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP Attohiriyah Bodak
DOI:
https://doi.org/10.37824/tirai.v4i1.2021.330Keywords:
efektivitas pembelajaran, pembelajaran tatap muka, pembelajaran daring, koordinat kartesius, hasil belajarAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif komparatif yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara metode pembelajaran tatap muka dengan metode pembelajaran daring yang ditinjau dari hasil belajar siswa kelas VIII SMP Attohiriyah Bodak tahun pelajaran 2021/2022 pada materi koordinat kartesius. Dari populasi yang berjumlah 128 orang siswa, peneliti mengambil sampel dari 2 kelas yaitu kelas VIII A menggunakan metode tatap muka dan kelas VIII B menggunakan metode daring/online dengan jumlah siswa masing-masing 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dari hasil belajar siswa kelas VIII SMP Attohiriyah Bodak tahun pelajaran 2021/2022 pada materi koordinat kartesius yang menggunakan metode pembelajaran tatap muka dengan metode pembelajaran daring. Hal ini dapat diketahui dari nilai probabilitas lebih besar dari nilai probabilitas sig. (0.08 lebih besar atau sama dengan 0.05) dan nilai Thitung lebih besar atau sama dengan Ttabel, yaitu 15,28 lebih besar atau sama dengan 3,34 sehingga Ho diterima dan Ha ditolak.
References
Arikunto. Suharsimi, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara Darsono, Belajar dan Pembelajaran, Semarang: IKIP. 2012
Daryanto, Evaluasi Pendidikan, Jakarta:Rineka Cipta 2012
Djamarah. Syaiful Bahri & Azwan Zain. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dyah Isnaini, Kesulitan Siswa Kelas Vii Dalam Pembelajaran Matematika Berbasis Daring, Salatiga: IAIN Salatiga 2020
Ety Mukhlesi Yeni (JUPENDAS, ISSN 2355-3650, Vol. 2, No. 2, September 2015
Helmy Supriatno. Pembelajaran Daring ditengah Pandemi Covid-19. https://www.harianbhirawa.co.id/pembelajaran-daring-di-tengah-pandemi-covid-19/ (diakses pada 24 Juli 2021)
Huwaina Nabila Dwi Sulistiyaningsih Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dalam Pembelajaran Daring, Semarang: FMIPA UNIMUS 2020
Kadir, Statistika Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Jakarta: Rosemata Sampurna. 2010
Khusniyah. Nurul Lailatul &Lukman Hakim, “Efektivitas Pembelajaran Daring: Sebuah Bukti pada Pembelajaran Bahsa Inggris, (Jurnal Tatsqif Universitas Mataram), Vol.17, No. 1, 2019.
Kunandar, 2014, Penilaian Autentik Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013, Jakarta: Rajawali.
Kuntarto. Eko, “Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi”, (Indonesian Language Education and Literature/ ILEAL), Vol. 3, No. 1, 2017.
Sabri. M Alifsuf, 2010, Psikologi Pendidikan Berdasarkan Kurikulum Nasional, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.
Solikhatun Marfu’ah, Analisis Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Secara Online Purwokerto: IAIN Purwakerto
Subron A.N. dkk, Pengaruh daring learning terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar Jurnal Prosiding.
Yulinda Erma Suryani Magistra No. 73 Th. XXII September 2010.