Analisis Kualitas Butir Soal Ujian Sekolah Bidang Studi Matematika Menggunakan Iteman Di SMPS Hidayatullah Ummah Kelas IX Tahun Ajaran 2020/2021

Authors

  • Moh. Rohilmi Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu
  • Supratman Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu
  • Helmi Rahmawati Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu

DOI:

https://doi.org/10.37824/tirai.v4i1.2021.326

Keywords:

analisis, kualitas, soal ujian sekolah, penelitian kuantitatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal ujian sekolah bidang studi matematika kelas IX SMP Islam Hidayatul Ummah Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Islam Hidayatul Ummah dengan objek yaitu berupa lembar jawaban siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik Dokumentasi. Dan data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan bantuan program iteman sebelum akhirnya dapat ditarik kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, dapat dilihat bahwa : (1) Tingkat kesukaran butir soal, dari 25 butir soal yang disediakan, sebanyak 44 persen butir soal memiliki tingkat kesukaran (TK) sedang (berada pada interval yang tergolong ke dalam kriteria soal yang baik. 0 persen butir soal berada pada interval yang tergolong dalam kriteria butir soal yang mudah. sedangkan 56 persen lainnya berada pada interval yang tergolong dalam kriteria soal yang sukar atau sulit. (2) Daya beda butir soal, dari 25 butir soal yang disediakan, 44 persen butir soal memiliki daya beda yang diterima dengan baik, 8 persen butir soal diterima dengan revisi,16 persen butir soal di perbaiki, sedangkan 32 persen butir soal lainnya dibuang. Sedangkan untuk pengecoh, 84 persen butir soal memiliki 3 option yang berfungsi dari 4 option yang disediakan. 16 persen memiliki 2 option yang berfungsi dari 4 option yang disediakan.

Downloads

Published

2021-06-30