Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Kartu Bilangan pada Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat

Authors

  • Nurhasmah Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu
  • Nora Listantia Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu
  • Saiful Fadli Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu

DOI:

https://doi.org/10.37824/tirai.v4i1.2021.314

Keywords:

efektivitas, alat peraga, kartu bilangan, operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan bantuan alat peraga kartu bilangan serta mengetahui keefektifan alat peraga kartu bilangan pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimental design dengan model nonequivalent control group design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling dan sampel yang terpilih pada penelitian ini adalah kelas VII B yang berjumlah 25 siswa dan kelas VII C yang berjumlah 23 siswa. Selanjutnya peneliti memberikan pretest untuk mengetahui keadaan kelas (kontrol dan eksperimen) sebelum treatment dan kemudian memberikan posttest untuk mengetahui keadaan kelas (kontrol dan eksperimen) setelah treatment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga kartu bilangan efektif untuk menyampaikan materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs. Qamarul Huda Bagu tahun pelajaran 2021/2022. Hal ini dapat diketahui dari perbedaan rata-rata hasil belajar pre-test dan post-test siswa dan diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05, dengan nilai rata-rata 59.52 sebelum diberikan perlakuan alat peraga kartu bilangan dan nilai rata-rata setelah diberikan perlakuan alat peraga kartu bilang adalah 76.04, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

References

Anggraini, D. (2016). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Kartu Bilangan Pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa Kelas VII B SMPN 5 Sleman. (Skripsi Strata 1, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, 2016). Diakses dari: file:///E:/judul%20skripsi/refrensi/121414051_full.pdf.

Anonim. (2008). Uji Coba Instrumen Penelitian dengan Menggunakan MS Excel dan SPSS. Diakses dari: file:///E:/judul%20skripsi/refrensi/Makalah_November_2008.pdf.

Fathurrahman, A. d. (2019). Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Teamwork. Manajemen Pendidikan, 7(2), 843-850.

Immawan, A. Z. (2017). Keefektifan Alat Peraga Kartu Kotif Dalam Memudahkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Kelas VII SMP NegeriI 1 Pangkajene. Edumatica, 7(2), 11-21.

Murdiyanto, T. d. (2014). Pengembangan Alat Peraga Matematika Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sarwahita, 11(1), 38-43.

Nurhikmawati. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Kartu Bilangan Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II SD Negeri Kaluarrang Kecamatan Bontonompo Kabupaten Gowa. (Skripsi Strata 1, Universitas Muhammadiyah Makassar, 2018). Diakses dari: file:///E:/judul%20skripsi/refrensi/3772-Full_Text.pdf.

Nurhizra. (2011). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Operasi Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Dengan Menggunakan Alat Peraga Kartu Positif Dan Negatif Di Kelas V SDN Tondo G. Jurnal Kreatif Online, 6(2), 93-116.

Priyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatma Publishing. Diakses dari: file:///E:/judul%20skripsi/refrensi/METPEN%20KUANTITATIF-COMPRESSED%20FULL.pdf

Ramadhani, M. (2012). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Web Pada Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kalasan. (Skripsi Starta 1, Universitas Negeri Yogyakarta, 2012). Diakses dari: file:///E:/judul%20skripsi/refrensi/11064433.pdf.

Saputri, J. P. (2018). Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Pembelajaran Operasi Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Media Kartu Bilangan Pada Kelas V Di SDN 24 Temmalebba Kec. BARA Kota Palopo. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 1(2), 127-138.

Setyowati, N. d. (2016). Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa pada Materi Peluang. Matematika Kreatif-Inovatif (Kreano), 7(1) 24-30.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Bandung: Alfabeta,cv.

Suharsaputra, U. (2012). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan). Bandung: PT Refika Aditama.

Unaenah, E. d. (2020). Pembelajaran Matematika OperasiI Hitung Bilangan Bulat Dengan Alat Peraga . Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1) 117-124.

Downloads

Published

2021-06-30