Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) dengan Media Kartu Soal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Himpunan

Authors

  • Nila Herina Herpian Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu
  • Sudirman Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu
  • Saiful Fadli Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu

DOI:

https://doi.org/10.37824/tirai.v4i1.2021.312

Keywords:

model pembelajaran, TGT, kartu soal, hasil belajar

Abstract

learning models, TGT, question cards, learning outcomes

Abstrak:  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT) dengan media kartu soal efektif terhadap hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs. Qamarul Huda Bagu. Penentuan sampel menggunakan Purposive Sampling, sampel penelitian terdiri dari 26 siswa untuk kelas eksperimen dan 26 siswa untuk kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrumen tes berupa uraian pada pretest dan posttest. Analisis data dengan uji Paired Sample T test menggunakan software IBM SPSS Statistik versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan secara signifikan (p<0.05) model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media kartu soal terhadap hasil belajar pada materi himpunan dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional tipe ceramah, dimana rata-rata hasil belajar siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media kartu soal lebih tinggi yaitu 81,08 jika dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran tipe konvensional metode ceramah yaitu 69.35. Peningkatan hasil belajar menunjukkan bahwa nilai Normal Gain (N-Gain) pada kelas eksperimen termasuk dalam kategori tinggi yaitu 0.74 sedangkan nilai N-Gain pada kelas kontrol termasuk kategori sedang yaitu 0.63 artinya model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media kartu soal lebih efektif terhadap hasil belajar pada materi himpunan dibandingkan dengan model pembelajaran konvensioanal.

References

Gunarta. I. Gd, “Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja”, Vol 1 No 2, 2018.

Indriyani.L. Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa.Prodi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Banten, Indonesia.Jurnal.Vol. 2, No. 1, 2019.

Johnson, D. W. et. al. Colaboratif Learning: Strategi Pembelajaran untuk Sukses Bersama (Alih Bahasa: Narulita Yusron). Bandung: PT Nusa Media, 2012.

Rahmawati.L & Febriliya. Z. A. Efektivitas Teams Game Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika Di SD. Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.Jurnal Ilmu kependidikan.Vol.1. No.2, 2017.

Downloads

Published

2021-06-30