PENERAPAN LESSON STUDY DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DI KELAS IX MTS.HIDAYATUL QAMAR PENGENJEK

Authors

  • nora listantia qamarul huda badaruddin university

DOI:

https://doi.org/10.1234/pendidikan.v1i1.28

Abstract

Lesson Study merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan aktifitas guru,proses dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dan berkelanjutan oleh sekelompok guru. Tujuan utama Lesson Study yaitu untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana siswa belajar dan guru mengajar.Lesson Study dilakukan berdasarkan tahapan-tahapan secara siklik, yang terdiri dari: (1) perencanaan (plan); (b) pelaksanaan (do); refleksi (check); dan tindak lanjut (act). Metode PBL merupakan bagian dalam pembelajaran kontekstual dimana guru memberikan suatu permasalahan untuk dipecahkan oleh siswa. Atau dengan kata lain pembelajaran yang berbasis pada masalah yang relevan dengan materi yang dipelajari. Guru menjelaskan tujuan logistik yang dibutuhkan, memotivasi siswa terlibat aktif pemecahan masalah yang dipilih, membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut. Setelah itu guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, melaksanakan eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah. Membantu siswa dalam merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan, model dan berbagi tugas dengan teman. Kegiatan selanjutnya mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari /meminta kelompok presentasi hasil kerja.dari hasil lasson study dengan menerapkan metode pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan pembelajaran pada mata pelajaran matematika khususnya pada materi bangun ruang sisi lengkung

Downloads

Published

2018-10-31