Problem-Problem yang dihadapi Guru dalam proses belajar mengajar di MA NW Puyung
DOI:
https://doi.org/10.1234/pendidikan.v1i1.26Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (i) mengetahui problem-problem yang dihadapi guru dalam proses belajar mengajar di MA NW Puyung Tahun ajaran 2016/2017, dan (ii) Untuk mengetahui usaha-usaha yang dilakukan dalam mengatasi problem proses belajar-mengajar di MA NW Puyung Tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, karena data dan informasi lebih banyak bersifat keterangan-ketarangan yang bukan berbentuk angka. Penelitian kualitatif juga peneliti menjadi instrumen kunci dalam penelitian ini, yang berarti menggambarkan konsep keseluruhan yang digunakan dalam penelitian. Dengan kata lain penelitian kualitatif adalah penelitian yang berkarakteristik bahwa datanya dinyatakan dalam keadaan sewajarnya atau sebagaimana adanya (natural setting) dengan tidak merubah dalam bentuk simbol-simbol atau bilangan. Penelitian menghasilkan beberapa kesimpulan yakni: (i) Kurangnya sarana (ii) Perbedaan pola prilaku siswa yang aktif dan pasif (iii) Kurikulum yang berubah-ubah (iv) Variasi atau metode yang digunakan dalam mengajar guru, dan (v) Siswa tidur dan bermain hp pada saat jam pelajaran. Sedangkan usaha Guru dalam mengatasi problema yakni: (i) Penyediaan Sarana dan prasarana yang cukup oleh sekolah atau pemerintah (ii) Menjadikan siswa yang fasif menjadi aktif dengan cara yang memungkinkan (iii) Pemerintah hendaknya menetapkan atau menyesuaikan peraturan dan perkembangan kurikulum dengan melihat keadaan sekolah, serta menyediakan fasilitas yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku. (iv) Guru hendaknya menggunakan variasi atau berbagai metode dalam mengajar untuk meransang minat belajar siswa