Penerapan Pendekatan Konstruktivis Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Matematika Melalui Supervisi Klinis Pada Madrasah Aliyah

Authors

  • admin

DOI:

https://doi.org/10.1234/pendidikan.v3i2.249

Keywords:

Pendekatan Konstruktivitas, Kompetensi Profesional Guru, Supervisi Klinis

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menjelaskan penerapan pendekatan konstruktivis melalui supervisi klinis dalam meningkatkan kompetensi profesional guru Matematika pada Madrasah Aliyah di Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2020/2021.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kepengawasan, yang dilakukan secara bertahap sampai mendapatkan hasil yang diharapkan. Subjek dalam penelitian ini adalah semua guru Matematika pada Madrasah Aliyah di Kecamatan Kopang Tahun Pelajaran 2020/2021, berjumlah 16 orang. Tindakan dilaksanakan dalam 3 siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan (2x45’). Adapun alur penelitian tindakan kepengawasan adalah : perencanaan, tindakan, observasi kelas dan refleksi.

Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa : Kompetensi profesional guru Matematika dengan menerapkan pendekatan konstruktivis melalui supervisi klinis meningkat dan berpengaruh positif. Peningkatan kompetensi profesional guru matematika terlihat pada peningkatan ketuntasan klasikal dan peningkatan hasil tes pada tiga siklus, yaitu siklus I sebesar 18,75% dan 65, 4; siklus II sebesar 56,25% dan 70,1; siklus III sebesar 93,75% dan 81,3.

Downloads

Published

2021-06-30