Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Ekonomi untuk Peningkatan Karakter Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Montong Gading Tahun Pelajaran 2017-2018

Authors

  • Muzakir Muzakir UNIQHBA
  • Sapka Mawarzani

DOI:

https://doi.org/10.1234/pendidikan.v1i1.23

Abstract

Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk: 1) Meningkatkan karakter siswa kelas  XI IPS SMAN 1 Montong Gading melalui Pendekatan saintifik dalam pembelajaran ekonomi; 2) Meningkatkan aktivitas siswa kelas  XI IPS SMAN 1 Montong Gading dalam mengikuti proses pembelajaran ekonomi melalui Pendekatan saintifik; 3) Meningkatkan aktivitas guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran melalui Pendekatan saintifik dalam pembelajaran ekonomi pada siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Montong Gading.

Selanjutnya, metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah gabungan antara metode penelitian kualitatif dengan metode penelitian kuantitatif (mixtod method). Data kuantitaif diperoleh dari hasil belajar siswa dan data kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan data-data yang berupa angka-angka agar bisa memberikan gambaran yang jelas mengenai proses dan hasil pembelajaran yang sudah dilakukan. Sesusai dengan prosedur penelitian tindakan, maka dalam setiap siklusnya dilakukan beberapa tahapan antaran lain tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan yang terakhir adalah refleksi dari proses pembelajaran yang sudah dilakukan sebelumnya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan karakter siswa meningkat rata-rata sebesar 82,54% dimana pada karakter imtaq meningkat sebanyak 80,33%, tanggung jawab meningkat 88,34%, kerjasama meningkat 75,22% dan toleransi meningkat 83,60%, Jadi Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran ekonomi dapat meningkatkan karakter siswa kelas XI SMAN Montong Gading Lombok Timur secara signifikan. Ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan  saintifik dalam pembelajaran ekonomi memiliki implikasi yang positif dalam peningkatan karakter siswa.

Downloads

Published

2018-10-25