PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM-BASED-LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN KIMIA DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH SISWA

Authors

  • Nora Listantia Listantia UNIQHBA

DOI:

https://doi.org/10.1234/pendidikan.v3i2.222

Keywords:

Problem-Based Learning , Hasil Belajar Siswa, Sikap Ilmiah Siswa

Abstract

Berdasarkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa
dalam pembelajaran kimia melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah
(Problem-Based Learning). Hasil peneilitian ini menunjukkan bahwa ada interaksi
antara model pembelajaran berbasis masalah dan sikap ilmiah siswa. Hal ini dapat
dilihat dari semakin mantapnya pemahaman dan penguasaan siswa terhadap materi
yang telah disampaikan guru selama ini (ketuntasan belajar meningkat dari sklus I, II,
dan III) yaitu masing-masing 64,00%, 76,00%, dan 88,00%. Sikap ilmiah berpengaruh
terhadap prestasi belajar, di mana hal tersebut ditunjukan dengan rata-rata sikap siswa
yang menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat untuk belajar kimia meningkatkan
prestasi belajar.

Kata Kunci: Problem-Based Learning, Hasil Belajar Siswa, Sikap Ilmiah Siswa.

 

Downloads

Published

2021-06-30