Telaah Literatur Kurikulum Pendidikan Dan Perkembangan Anak Usia Dini di Dunia

Authors

  • sudirman sudirman Universitas Qamarul Huda Badaruddin

DOI:

https://doi.org/10.1234/pendidikan.v3i2.221

Keywords:

Telaah Literatur, Kurikulum, Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Studi ini untuk melakukan telaah literatur mengenai kurikulum yang digunakan pada berbagai studi pengembangan anak usia dini di dunia. Metode penelitian ini adalah dengan melakukan review literatur, referensi yang digunakan dalam studi intevensi perkembangan anak usia dini ini adalah telaah literatur berupa jurnal penelitian, buku, manual dan modul berisi kurikulum intervensi. Sebanyak 15 studi telah direview dari berbagai negara, diantaranya: Amerika, Jamaica, Australia, Bangladesh, India, Pakistan, Uganda, Norwegia dan Indonesia pada tahun penelitian yang bervariasi sampai 2019. Filipina melaksanakan Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan mengkombinasikan layanan kesehatan, nutrisi, sosial dan pendidikan usia dini melalui layanan berbasis pusat dan berbasis rumah. Di indonesia malalui Proyek Early Child Education and Development membuat regulasi mengenai PAUD dari tingkat nasional sampai desa. Kurikulum WHO melalui Care for Development (CFD), menggunakan kegiatan Play dan Communication untuk menstimulasi anak mengasah keterampilan yang sesuai dengan tingkatan usianya.  Kurikulum Adaptasi CFD: Grow Smart (GS) India, dibagi ke dalam 6 kategori usia, masing-masing dengan interval 3 bulan dari usia 6 sampai 24 bulan. Setiap kategori terdiri dari 3 aktivitas (gabungan play dan communication) sehingga total ada 18 aktivitas yang diajarkan setiap bulannya. Kunjungan dilakukan setiap 2 minggu sekali yang terdiri dari sesi perkenalan materi baru dan sesi pengulangan. Media pengajaran yang digunakan oleh visitor adalah flip-chart bergambar yang memperlihatkan ibu dan anak yang melakukan aktivitas play/communication.  Kurikulum Adaptasi CFD: Pehla Qadam (PQ)  Pakistan, dibagi menjadi 3 kategori usia: 0-6 bulan, 6-12 bulan, dan 12-24 bulan. Tidak seperti di India, Pakistan menerapkan setiap kategori terdiri dari masing-masing play dan communication yang jumlahnya di tiap kategori tidak sama. Menggunakan flip-chart sebagai media pengajaran.  Kurikulum Abecederian Approach, terdiri dari 4 elemen kunci yaitu Learning Games,  Conversational Reading, Language Priority, Enriched Caregiving. Kurikulum Plan Uganda, Disajikan dalam modul group meeting yang terbagi ke dalam beberapa sesi dengan topik antara lain: nutrisi, kegiatan yang menstimulasi anak, pengetahuan tentang perkembangan anak sejak lahir, membuat permainan sendiri, teknik berkomunikasi efektif dengan pasangan dan anak, mengantisipasi dan menanggulangi stres. Mother-Infant Transaction Program, Adalah kurikulum yang berisikan pendekatan khusus untuk anak-anak yang terlahir prematur.

Downloads

Published

2021-06-30