PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR TERHADAP KETERCAPAIAN KOMPETENSI DASAR DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA MTS

Authors

  • Moh.Supratman Moh.Supratman Moh.Supratman UNIQBHA
  • Irwadi Saputra Irwadi Saputra

DOI:

https://doi.org/10.1234/pendidikan.v1i1.22

Abstract

ABSTRAK

Moh.Supratman : Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar terhadap Ketercapaian Kompetensi Dasar dan Minat Belajar Matematika Siswa MTS.

 

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pengaruh penggunaan multimedia dan media manipulatif ditinjau dari ketercapaian kompetensi dasar dan minat belajar matematika siswa MTs. Hidayatussibyan NW Sengkerang. 2) Mendeskripsikan pengaruh penggunaan multimedia dibandingkan dengan media manipulative  ditinjau dari ketercapaian kompetensi dasar dan minat belajar matematika siswa MTs. Hidayatussibyan NW Sengkerang.

 

Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Penelitian ini menggunakan dua kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs. Hidayatussibyan NW Sengkerang. Penentuan sampel dilakukan melalui pengambilan dua kelas secara acak dari empat kelas yang ada. Sampel yang diperoleh adalah siswa kelas VIII3 dan kelas VIII4 masing-masing terdiri dari 42 siswa. Kemudian secara acak untuk kelas VIII3 diberi perlakuan menggunakan multimedia dan kelas VIII4 diberi perlakuan menggunakan media manpulatif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan  data berupa tes pilihan ganda untuk ketercapaian kompetensi dasar,  dan angket   untuk minat yang masing-masing memiliki validitas dan reliabilitas tinggi. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia dan media manipulative  pada masing-masing variabel, data dianalisis menggunakan uji one sample t-test pada taraf signifikansi 5%. Kemudian untuk membandingkan pengaruh penggunaan multimedia dan media manipulatif, data dianalisis secara multivariat menggunakan T2 Hotelling dengan taraf signifikansi 5% dan ditindak lanjuti dengan analisis menggunakan uji t univariat dengan kriteria bonferoni.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan multimedia dan media manipulatif efektif ditinjau dari ketuntasan kompetensi dasar matematika dan minat belajar matematika siswa MTs.Hidayatussibyan NW Sengkerang; 2) Penggunaan multimedia sama efektif dengan media manipulatif ditinjau dari ketuntasan kompetensi dasar matematika, tetapi multimedia lebih efektif dari media manipulatif ditinjau dari minat belajar siswa terhadap matematika.

 

Keyword: multimedia, media manipulatif, ketercapaian kompetensi dasar, dan minat belajar.

 

 

 

 

 

 

 

Downloads

Published

2018-12-28