I Integrasi Pendidikan Karakter Ahlusunnah Waljamaah dalam kurikulum Program Studi Pendidikan Ekonomi Koperasi Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu

Authors

  • Muzakir Muzakir Universitas Qamarul Huda Badaruddin
  • Yohana Universitas Qamarul Huda Badaruddin

DOI:

https://doi.org/10.1234/pendidikan.v1i4.179

Keywords:

Pendidikan Karakter, Ahlusuunah Waljamaah, Kurikulum

Abstract

Pendidikan karakter adalah sebuah proses pembelajaran untuk menanamkan nilai-nilai luhur, budi pekerti atau akhlak mulia yang berakar pada ajaran agama, adat istiadat dan nilai-nilai ke-Indonesiaan, dalam rangka mengembangkan kepribadian peserta didik supaya menjadi manusia yang bermartabat, menjadi warga bangsa yang berkarakter sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa dan agama. Pendidikan karakter ahlusunnah waljamamaah berlandaskan pada ajaran-ajaran agama yang memiliki nilai-nilai yang moderat, seimbang, keadilan, toleransi, dan dinamis.

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengkaji tentang pendidikan karakter ahlusunnah waljama’ah di program studi pendidikan Ekonomi Koperasi Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu Lombok Tengah. Fokus penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter ahlusunnah waljamaah yang termuat dalam kurikulum program studi dan implememntasinya dalam setiap mata kuliah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pustaka yaitu peneliti mengkaji dokumen-dokumen yang ada di program studi pendidikan ekonomi koperasi seperti dokumen kurikulum dan rencana pembelajaran semester yang dibuat oleh dosen. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari dokumen-dokumen kurikulum dan hasil observasi di lapangan. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik dokumentasi dan observasi. Analisa data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa  pendidikan karakter ahlusunnah wal jamaah yang meliputi karakter moderat, seimbang, adil, dinamis, toleransi telah tercermin dalam kurikulum program studi pendidikan Ekonomi koperasi tercermin dalam profil lulusan dan capaian pembelajaran lulusan (CPL). Dengan demikian, lulusan yang dikeluarkan oleh program studi pendidikan ekonomi Koperasi Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu Lombok Tengah memiliki karakter ahlusunnah wal Jamaah An Nahdhiyah. 

Downloads

Published

2021-09-09