Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Co-Op Co-Op Dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Cerita Pendek Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 6 Cakranegara Tahun Pelajaran 2017/2018

Authors

  • Mahrup Mahrup SDN 6 Cakra Negara

DOI:

https://doi.org/10.1234/pendidikan.v1i3.135

Keywords:

cooverative learning, tipe, co-op

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan siswa kelas V SD Negeri 6 Cakranegara dalam memahami cerita pendek pada pelajaran bahasa Indonesia. Deskipsi hasil belajar siswa dalam memahami cerita pendek dengan penerapan Model Cooperative Learning tipe co-op co-op. Sebagai subjek penelitian perbaikan pembelajaran pada penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Negeri 6 Cakranegara kelurahan selagalas Kecamatan Sandubaya kota Mataram dengan jumlah siswa 30 orang yang terdiri dari 15 orang perempuan dan 15 orang siswa laki-laki. Tempat penelitian perbaikan pembelajaran ini dilaksanakan di SD Negeri 6 Cakranegara kelurahan Selagalas Kecamatan Sandubaya Kota Mataram. Penelitian ini dilaksanakan selama dua minggu. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan prosedur Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Berdasarkan hasil dan pembahasan dari siklus I dan Siklus II terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang diuraikan sebagai berikut: melalui proses belajar yang telah dilaksanakan dan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas siklus I adalah 74.16 dan terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 81,5, sedangkan ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 63.33% dan meningkat pada siklus II yaitu 90.0% terjadi peningkatan sebesar 26.67%. merujuk pada hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan memahami cerita pendek siswa kelas V SD Negeri 6 Cakranegara pada mata pelajaran bahasa Indonesia telah mencapai hasil yang tinggi atau dikategorikan tuntas sehingga perbaikan pembelajaran diakhiri sampai siklus II.

Downloads

Published

2020-01-04