Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Nilai Tempat Melalui Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas II SD Negeri 42 Ampenan Tahun Pelajaran 2017-2018

Authors

  • Juliati Juliati SDN 42 Ampenan

DOI:

https://doi.org/10.1234/pendidikan.v1i3.134

Keywords:

Meningkatkan, pemahaman, metode demonstra

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan siswa kelas II SD Negeri 42 Ampenan dalam memahami Nilai Tempat pada pelajaran Matematika. Deskipsi hasil belajar siswa dalam memahami nilai tempat melalui penerapan metode demonstrasi. sebagai subjek penelitian perbaikan pembelajaran pada penelitian ini adalah siswa Kelas II SD Negeri 42 Ampernan kelurahan Pagutan Kecamatan Mataram kota Mataram dengan jumlah siswa 28 siswa. terdiri dari 15 siswa perempuan dan 13 siswa laki-laki. Tempat yang digunakan untuk melakukan penelitian ini adalah SD Negeri 42 Ampenan kelurahan Pagutan Kecamatan Mataram Kota Mataram. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu tanggal 15 Maret 2017 (siklus I) dan 22 Maret 2017 (siklus II). Berdasarkan hasil dan pembahasan dari siklus I dan Siklus II terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu melalui proses belajar yang telah dilaksanakan dan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa 25 siswa telah mampu memahami materi nilai tempat melalui metode demonstrasi dan hampir seluruh siswa mengalami peningkatan yang sangat signifikan dari siklus 1 ke siklus II. Hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan metode demonstrasi sangat tepat untuk meningkatkan kemampuan siswa khususnya tentang nilai tempat.

Downloads

Published

2020-01-04