Sistem Pakar Dengan Metode Decision Tree Untuk Rekomendasi Wisata Di Kabupaten Lombok Timur

Authors

  • Zahid Hidayatullah Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu
  • Komariyuli Anwariyah Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu
  • Yuan Sa'adati Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu
  • Fahmi Syuhada Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu

DOI:

https://doi.org/10.37824/sij.v5i2.2022.416

Keywords:

decision tree, lombok timur, sistem pakar, wisata, website

Abstract

Sistem pakar adalah sistem komputer yang mampu menirukan penalaran seorang pakar dengan keahlian pada suatu pengetahuan tertentu. Saat ini, banyak wisatawan pergi travelling ke daerah Lombok Timur. Namun, mereka masih bingung dalam menentukan destinasi wisata yang mau dikunjungi karena wisatawan yang masih belum mengenal dan mengetahui wisata yang ada di Lombok Timur. Paper ini mengusulkan penelitian pengembangan sistem pakar rekomendasi untuk tujuan wisata menggunakan metode decision tree untuk mempermudah wisatawan dalam menentukan tujuan wisata di Kabupaten Lombok Timur. Penelitian menghasilkan sebuah sistem aplikasi pakar rekomendasi wisata di Kabupaten Lombok Timur dengan mengimplementasikan Decision Tree. Sistem dibangun menggunakan bahasa HTML dan CSS untuk sisi tampilannya dan Mysql untuk basis datanya. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan didapatkan hasil kepuasan pengguna dengan nilai parameter kepuasan Baik, Cukup, Kurang yaitu masing-masing bernilai 79%, 18%, dan 3 %.

References

R. Wahyudi, E. Utami, and M. R. Arief, “SISTEM PAKAR E-TOURISM PADA DINAS PARIWISATA D.I.Y MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING,” Data Manaj. dan Teknol. Inf., vol. 17, no. 2, pp. 67–75, Jun. 2016, Accessed: Dec. 29, 2022. [Online].

L. J. Sutedjo and R. Tanamal, “Rancang Bangun Sistem Pakar dengan Metode Forward Chaining untuk Rekomendasi Pariwisata di Labuan Bajo Menggunakan iOS Platform,” J. Teknol. Sist. Inf. dan Apl., 2020.

E. B. Pratama and A. Hendini, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kulit Pada Kucing Berbasis Web Menggunakan Metode Decision Tree,” Sist. J. Sist. Inf., 2019.

R. S. Pressman, “Software Engineering: A Practitioner’s Approach.”

Downloads

Published

2022-11-25

How to Cite

[1]
Z. Hidayatullah, K. Anwariyah, Y. Sa’adati, and F. Syuhada, “Sistem Pakar Dengan Metode Decision Tree Untuk Rekomendasi Wisata Di Kabupaten Lombok Timur”, SainsTech Innovation j., vol. 5, no. 2, pp. 219–227, Nov. 2022.