PENGARUH TEKNIK STATIONENLERNEN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MENES KABUPATEN PANDEGLANG

Authors

  • MELIYAWATI MELIYAWATI, UNIMA BANTEN

DOI:

https://doi.org/10.1234/literasi.v1i02.88

Abstract

Pengaruh Teknik Stationenlernen terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Menes Kabupaten Pandeglang. Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Mathla’ul Anwar. Banten.

 

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen yang bertempat di SMP Negeri 1 Menes Kabupaten Pandeglang, dengan cara mengambil siswa kelas VIII. Adapun teknik sampel menggunakan classter random sampling. Hasil pengundian terhadap 12 kelas yang ada, diperoleh  yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan Kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas berjumlah 36 siswa. Dengan demikian jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 72 siswa. Terhadap kelas VIII-A diberikan perlakuan yaitu proses pembelajarannya menggunakan teknik Stationenlernen, sedangkan terhadap kelas VIII-B yang merupakan kelas kontrol menggunakan teknik ceramah. Berdasarkan perhitungan statistik diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terdapat pengaruh positif teknik stationenlernen terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Menes Kabupaten Pandeglang. Hal itu ditunjukkan oleh data  hasil analisis dengan menggunakan rumus uji-t, diperoleh thitung  6,647 dan ttabel  untuk taraf signifikansi 0,05 dengan derajat kebebasan 70 diperoleh ttabel sebesar 1,6617. Jika thitung lebih besar daripada ttabel (th > tt), yaitu   6,647 > 6,6471,6617 maka hipotesis nol (Ho) ditolak.   Dengan ditolaknya hipotesis nol (Ho) berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian berarti terdapat pengaruh teknik stationenlernen terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Menes Kabupaten Pandeglang.

Downloads

Published

2019-08-01