PENGARUH KOGNITIF TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SASTRA BAGI SISWA

Authors

  • Fuaddudin Fuaddudin IAIM Bima

DOI:

https://doi.org/10.1234/literasi.v1i02.87

Keywords:

:Kognitif, Ketuntasan Belajar, Siswa

Abstract

Pembelajaran sastra masih menyisakan permasalahan yang kompleks, sehingga menimbulkan probelmatika pengajaran sastra. permasalshan tersebut disebabkan oleh berbagai faktor. Setidaknya, dengan berbagai faktor yang mempengaruhi terhadap ketidak maksimlan pencapaian pembelajaran sastra tersebut cukup menggambarkan bagaimana problematika pengajaran sastra yang terjadi saat ini dalam sistem pendidikan kita. Kemampuan bersastra dipengaruhi oleh hemisfer kiri dan kanan. Walaupun kemampuan homisfer kiri dominan terhadap kekmapuan bicara-bahasa namun tanpa keterlibatan hemisfer kanan, maka pembcaraan seseorang akan menjadi monoton tidak ada prosadi, tak ada lagu kalimat, tanpa menampakkan adanya emosi, dan tanpa disertai isyarat-isyarat bahasa. Kemampuan kognitif memang merupakan bagian yang penting dalam proses pemerolehan kemampuan sastra bagi siswa. Untuk melakukan proses transfer dibutuhkan kemapuan kognitif yang memadai untuk mengghasilakn pesepsi satra yang berkualitas. Sedangkan menurut pandangan para tokoh psikolinguistik kempuan kognitif merupakan kemapuan yang akan memberikan stimulus respon terhadap tingkalaku manusia, dalam hal ini adalah kemapuan satra yang dimiliki oleh seorang anak.

Downloads

Published

2019-07-26