Penggunaan Metode Audiovisual Dalam Menganalisa Kemampuan Mendengar (Listening) dan Menulis (Writing) Mahasiswa Keperawatan dan Kebidanan STIKES Yarsi Mataram

Authors

  • Herman Herman UNIQHBA

DOI:

https://doi.org/10.1234/literasi.v1i02.86

Keywords:

: Listening, Writing, Metode Audiovisual (Audiovisual Method).

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kemampuan Listening dan Writing mahasiswa-mahasiswi di STIKES Yarsi Mataram dengan menggunakan Metode Audiovisual (Audiovisual Method). Di dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif di dalam mengalisa data, dimana data dalam penelitian ini berbentuk observasi kelas atau lembar kerja. Lembar kerja digunakan untuk mengetahui kemampuan listening dan writing  mahasiswa/i dimana mahasiswa/i diminta untuk mengisi kata atau kalimat yang mereka dengar dari vidio. Dari vidio tersebut peneliti menganalisa kemampuan listening dan writing mahasiswa-mahasiswi menggunakan rubrik penilaian. Sehingga analisa data yang akan dilakukan peneliti didapat hasil yang valid. Hasil dari analisis kemampuan listening dan writing mahasiswa STIKES Yarsi Mataram memiliki kemampuan yang masih kurang terutama pengusaan kosa kata dan grammar akan tetapi terdapat peningkatan kemampuan mendengar mahasiswa dibandingkan saat pertama kali diperdengarkan video tersebut.

Downloads

Published

2019-08-01