Pengaruh Kompetensi Komunikasi Interpersonal Perawat terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas

Authors

  • Harlina STIKES YARSI MATARAM
  • Irwan Hadi STIKES Yarsi Mataram
  • Lalu Dedy Supriyatna STIKES Yarsi Mataram
  • Dewi Nur Sukma Purqoti STIKES Yarsi Mataram
  • Gusti Ayu Putu Intan

DOI:

https://doi.org/10.37824/jkqh.v11i2.2023.536

Keywords:

Kepuasan Pasien, komunikasi interpersonal, Perawat

Abstract

Puskesmas memiliki peran penting dalam peningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Sebagai pelayanan dasar, perawat harus memiliki skill terapeutik sehingga pasien puas pada perawatan yang diberikan salah satunya adalah kompetensi komunikasi interpersonal. Namun karena keluhan pasien ringan dengan jumlah yang banyak, sehingga perawat kadang mengabaikan komunikasi interpersonal. Pengukuran kemampuan komunikasi interpersonal perawat penting untuk meningkatkan kepuasan pasien rawat inap di puskesmas. Penelitian ini menggunakan metode quasy eksperimen dengan memaksimalkan kemampuan komunikasi interpersonal perilaku perawat saat memberikan asuhan keperawatan pasien. Sampel sebanyak 30 perawat rawat inap dengan sebelumnya dilakukan observasi awal penelitian dan setelah diajarkan kompetensi komunikasi interpersonal. Hasil analisis Paired T Test p-value 0,002 dengan demikian ada pengaruh antara komunikasi interpersonal perawat terhadap kepuasan pasien di puskesmas.

References

Kemenkes RI. (2022). Profil Kesehatan Indonesia 2021. In Pusdatin.Kemenkes.Go.Id.

Dinas Kesehatan NTB. (2022). Profil Kesehatan Provinsi NTB 2021. In Dinas Kesehatan Provinsi NTB.

Parulian, H., Siagian, A., & Wahyuni, S. E. (2014). Pengaruh Kompetensi dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Kinerja Perawat. Idea Nursing Journal, V(1), 70–79.

Hardiansah, Y. (2023). Hubungan Penerapan Komunikasi Interpersonal Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap RSUD Praya. 11(1), 350–356. https://doi.org/10.37824/jkqh.v11i1.2023.491

Imam Hanafi, S. D. R. (2012). Keterampilan Komunikasi Interpersonal Perawat berpengaruh terhadap Peningkatan Kepuasan Pasien. Jurnal STIKES, 5(2), 1–12.

Transyah, C. H., & Toni, J. (2018). Hubungan Penerapan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien. Jurnal Endurance, 3(1), 88. https://doi.org/10.22216/jen.v3i1.2487

I Kadek Wartana, M. N. T. (2016). Hubungan Komunikasi Interpersonal dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Kolonodale Kecamatan Petasia kabupaten Morowali Utara. Jurnal Ilmiah Kesmas IJ, 16(2), 1–6.

Syarif, M. (2013). Pengaruh Komunikasi Antarpribadi Perawat terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Kalosi Kecamatan Alla Kabupaten Enrekang (Vol. 66, Issue 1997).

Rona Arinal Haq, Triyono Lukmantoro, S. (2022). Pengaruh Tingkat Kompetensi Komunikasi Interpersonal dan Kualitas Pelayanan Tenaga Kesehatan terhadap Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan di Kota Semarang (Issue Juli).

Muchlasin, H. (2004). Analisis pengaruh kompetensi interpersonal perawat terhadap persepsi kepuasan pasien rawat inap di RS Umum Daerah BAtang. http://eprints.undip.ac.id/14668/1/2004MIKM2950.pdf

Sari, E., Mahayaty, L., & Puspitasari, M. (2022). Komunikasi Interpersonal Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap. Jurnal Keperawatan, 7(1), 1–9.

Oroh, M. E., & Pondaag, L. (2014). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Keperawatan di Ruang Interna RSUD Noongan. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 2(2), 4. https://doi.org/10.35790/jkp.v2i2.5220

Indriaty, dewi, R. (2010). Analisis pengaruh Tingkat Kualitas Pelayanan Jasa Puskesmas Terhadap Kepuasan Pasien (Studi pada Puskesmas Gunungpati Semarang). http://eprints.undip.ac.id/23165/

Indriaty, dewi, R. (2010). Analisis pengaruh Tingkat Kualitas Pelayanan Jasa Puskesmas Terhadap Kepuasan Pasien (Studi pada Puskesmas Gunungpati Semarang). http://eprints.undip.ac.id/23165/

Downloads

Published

2023-12-28

How to Cite

Harlina, Irwan Hadi, Lalu Dedy Supriyatna, Dewi Nur Sukma Purqoti, & Gusti Ayu Putu Intan. (2023). Pengaruh Kompetensi Komunikasi Interpersonal Perawat terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Puskesmas. Jurnal Kesehatan Qamarul Huda, 11(2), 419–424. https://doi.org/10.37824/jkqh.v11i2.2023.536

Most read articles by the same author(s)