Pengaruh Media Video Terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Bekerja tentang ASI Perah dan Pemberian ASI Eksklusif di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Kuripan

Authors

  • Nurannisa Fitria Aprianti STIKES Hamzar Memben Lombok Timur
  • Eka Faizaiturrahmi STIKES Hamzar Memben Lombok Timur

DOI:

https://doi.org/10.37824/jkqh.v11i1.2023.496

Keywords:

asi perah, ibu bekerja, media video, pemberian asi eksklusif

Abstract

Menyusui secara ekslusif adalah makanan yang bagus diberikan kepada bayi. Keberhasilan pemberian Air susu ibu dengan cara diperah dan pemberian ASI ekslusif dipengaruhi oleh pengetahuan dan sikap ibu bekerja. Status Pekerjaan salah satu faktor penyebab kegagalan dalam menyusui secara ekslusif. Ibu yang mempunyai pekerjaan agar tetap bisa menyusui secara ekslusif kepada bayinya dengan cara air susu ibu diperah. Salah satu cara peningkatan pengetahuan dan sikap dengan memberikan edukasi menggunakan video. Media video yaitu metode edukasi yang dapat merubah pemahaman dan prilaku ibu dengan status bekerja terkait Air susu ibu yang diperah dan menyusui ekslusif. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh media video Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Ibu Bekerja Tentang Asi Perah dan Pemberian Asi Ekslusif di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Kuripan. Metodologi penelitian yang diguanakan yaitu desain pra- eksperimental dan rancangan one group pretest dan posttest. Jumlah populasi seluruh ibu yang bekerja yang mempunyai bayi berumur dari 0 sampai dengan enam bulan di wilayah kerja Puskesmas Kuripan. sampel yang digunakan dalam berjumlah 63 orang dengan pengambilan sampel yaitu total sampling dan instrument yang digunakan kuesioner. Uji normalitas yang digunakan Kolmogorov Smirnov dan uji statistic menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh pengetahuan dan sikap ibu bekerja tentang Asi perah dan pemberian Asi eksklusif sebelum dan sesudah diberikan media video dengan nilai p-value 0,000<0,05. Dapat disimpulkan bahwa media video berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap tentang Asi perah dan pemberian eksklusif pada ibu yang bekerja.

 

References

Afriyani,L. D., & Esti,S. (2019), Efektifitas Media Promosi Kesehatan ASI Perah Terhadap Peningkatan Pengetahuan Ibu Bekerja Untuk Memberikan Asi Eksklusif. SIKLUS (Journal Research Midwifery Politeknik Tegal), 8(1): 60-66.

Kemenkes RI. (2022), Profil Kesehatan Indonesia 2021, Kementerian Kesehatan RI.

Astriana, W., & Afriani, B. (2022), Peningkatan Berat Badan pada Bayi Umur 0-6 Bulan Ditinjau dari Pemberian ASI, Jurnal Aisyiyah Medika, 7 (2), 128-136.

UNICEF (2022), Pekan Menyusui Sedunia: UNICEF dan WHO serukan dukungan yang lebih besar terhadap pemberian ASI di Indonesia seiring penurunan tingkat menyusui selama pandemi COVID-19, Unicef Organization.

Kemenkes RI (2018), Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018, Badan penelitian dan pengembangan Kementrian Kesehatan RI, 53(9), 1689-1699.

Dinkes Provinsi NTB (2022), Profil Kesehatan Provinsi NTB 2021, Dinas Kesehatan Provinsi NTB, (Pp.1-101)

Najahah, I., & Irmayani., M. (2022), Monograf Peningkatan Pengetahuan ASI Eksklusif melalui Media E-Booklet, NEM: Jawa Tengah.

Hakim, K. A. (2021), Literature Review: Hubungan Status Ibu Bekerja Dengan Pemberian Asi Eksklusif di Indonesia, Surakarta: Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Bahar, H., Lestari, H., Ratu, A., DS., S.A., Rezkillah, R.A.,Astian, S., Wijaya, N.,dkk. (2020), Penyuluhan Kesehatan Dengan Pendekatan Epidemiologi Prilaku, Guepedia: Jawa Barat.

Agustia, N., Machmud, R.. & Usman, E. (2019), Faktor yang Berhubungan dengan Pemberian ASI Eksklusif pada Ibu Bekerja di Kabupaten Ogan Komering Ulu. Jurnal Kesehatan Andalas, 8 (3): 573.

Aisyaroh, N., Sutrisminah, E., & Widayati (2018), Model Penerapan Kebijakan ASI Ekslusif Pada Ibu Bekerja, Unissula Press: Jawa Tengah.

Amalia, E.A., Daracantika, A., Fikriyah, D., Nurmarastri, D., Fitria, H., Hakeem, N., Khampa, N., Sajid, N., Kanza, R., Harianja, R., Meilinda, Z. (2021), Pengetahuan, sikap, dan perilaku ibu terhadap ASI eksklusif di Kabupaten Bogor, Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat (Pengmaskesmas), 1(1): 1-8

Puskesmas Kuripan (2022), Laporan Data Kesehatan Ibu dan Anak Tahun 2022, Puskesmas Kuripan.

Handayani, S., & Marsheila, R.F (2022), Pendidikan Kesehatan Tentang Teknik Pemberian ASI pada Ibu yang Bekerja Ditinjau Dari Tingkat Pengetahuan Ibu (Health Education About Breastfeeding Techniques In Working Mothers Based On Mother’s Knowledge Level), Jurnal Keperawatan GSH, 11(2): 45-51

Safitri, V. A., Pangestuti, D. R., & Kartini, A. (2021), Pengaruh Video Edukasi Terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu dalam Pemberian ASI Eksklusif di Puskesmas Bulu Lor 2021, Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 20 (5): 342-348

Notoatmodjo, S. (2014), Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan, Jakarta: Rineka Cipta.

Safitri, N. (2022), Edukasi Kesehatan Menggunakan Media Video terhadap Pengetahuan dan Sikap Pemberian ASI Eksklusif pada Ibu Hamil Trimester III di Palangka Raya, Jurnal Surya Medika, 8 (1): 54-64.

Eni,R., Sari, H.T.,Yunere, F.,Wardani, K.D.P.S., Orizani, M.C., dkk. (2022), Psikologi Kesehatan (Teori dan Penerapan), Bandung: Media Sains Indonesia.

Firmansyah, M., Prihatin Idris, F., Asrina, A., & Afrianty Gobel, F. (2023), Pengaruh Media Edukasi Terhadap Perilaku Pengasuh Bayi Ibu Bekerja Dalam Upaya Pemberian ASI Perah (ASIP), Journal of Muslim Community Health (JMCH), 4(3): 13-27.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Aprianti, N. F., & Faizaiturrahmi, E. (2023). Pengaruh Media Video Terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Bekerja tentang ASI Perah dan Pemberian ASI Eksklusif di Wilayah Kerja UPT Puskesmas Kuripan. Jurnal Kesehatan Qamarul Huda, 11(1), 287–293. https://doi.org/10.37824/jkqh.v11i1.2023.496

Issue

Section

Articles