Analisis Pencapaian Indikator Kapitasi Berbasis Kinerja Pada Masa Pandemi Covid 19

Authors

  • Rizki Fadila Poltekkes Kemenkes Malang
  • Mega Putri Via Poltekkes Kemenkes Malang
  • AAI Citra Dewiyani Poltekkes Kemenkes Malang
  • Anggi Ardhia Poltekkes Kemenkes Malang

DOI:

https://doi.org/10.37824/jkqh.v11i1.2023.446

Keywords:

Capitation, KBK, Health Center

Abstract

Salah satu implementasi sistem kendali mutu dan kendali biaya pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) adalah adanya penyesuaian pembayaran kapitasi berdasarkan pencapaian indikator Kapitasi Berbasis Kinerja (KBK). Hingga saat ini, pencapaian indikator KBK di Puskesmas wilayah Kota Blitar masih belum maksimal. Penelitan ini merupakan penelitan deskriptif kualitatif menggunakan data capaian indikator KBK pada Puskesmas di wilayah kota Blitar. Rata-rata capaian pembayaran KBK di Puskesmas wilayah Kota Blitar sebesar 98%. Hambatan yang dialami dalam pencapaian target indikator angka kontak pada Puskesmas di wilayah Kota Blitar adalah meningkatnya penyebaran virus Covid-19, seringnya gangguan pada aplikasi P-Care dan minimnya kemampuan petugas dalam melakukan input data ke aplikasi P-Care. Selain itu, tantangan yang dihadapi dalam pencapaian indikator RRNS adalah adanya permintaan pasien untuk dapat langsung dirujuk ke Rumah Sakit tanpa melalui pemeriksaan terlebih dahulu dan adanya perbedaan persepsi terkait implementasi rujukan antara Puskesmas dengan BPJS Kesehatan. Disisi lain, kendala yang dihadapi dalam pencapaian target indikator RPPT di Puskesmas wilayah Kota Blitar dikarenakan sebagian besar peserta lanjut usia dan adanya pandemi Covid-19 yang menyebabkan beberapa kegiatan Prolanis tidak dapat dilaksanakan dengan baik.

References

Rosdiana, A. I., Raharjo, B. B., & Indarjo, S. (2017). Implementasi Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis). Higeia Journal of Public Health Research and Developmen, 1(3)(3), 140–150. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/higeia

BPJS Kesehatan. (2019). Peraturan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Nomor 7 Tahun 2019 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pembayaran Kapitasi Berbasis Kinerja. BPJS Kesehatan.

Khoeriyah, G. A., Mardiah, I. M., & Hidayati, M. H. (2021). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kapitasi Berbasis Komitmen (KBK) Di Puskesmas Cikancung Dinas Kabupaten Bandung. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(8), 954–959. https://doi.org/10.36418/cerdika.v1i8.162

Kristijono, A. (2020). Capaian Indikator Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan pada Puskesmas di Kota Semarang. Jurnal Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.31983/jrmik.v3i1.5666

Manurung, J. (2021). Analisa Capaian Indikator Kapitasi Berbasis Komitmen (KBK) Pelayanan Terhadap Pembayaran Dana Kapitasi Di Puskesmas Hutabaginda Kecamatan Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2019. 6(2), 189–200.

Mujiburrahman, M., & Sofyandi, A. (2021). Analisis Komunikasi dan Sumberdaya dalam Implementasi Kebijakan Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (KBK-BPJS). Bima Nursing Journal, 2(2), 90. https://doi.org/10.32807/bnj.v2i2.711

Sandra, C., Tri Herawati, Y., Baroya, N., Sulistiyani, S., Ningrum, P. T., Akbar, K. A., & Ramani, A. (2021). Implementasi Kebijakan Pembayaran Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan (Kbkp) Di Kabupaten Jember. Ikesma, 17(1), 52. https://doi.org/10.19184/ikesma.v17i1.22441

Darmawan, A., Kusdiyah, E., Enis, R. N., W, S., & Realita, E. (2020). Kajian Capaian Indikator Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan (KBK) BPJS Di FKTP Kota Jambi. Jambi Medical Journal “Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan,” 8(1), 75–84. https://doi.org/10.22437/jmj.v8i1.9479

Maramis, J. V. F., Mandagi, C. K. F., & Wowor, R. (2019). Analisis Pencapaian Indikator Kapitasi Berbasis Komitmen (Kbk) Terhadap Pembayaran Dana Kapitasi Di Puskesmas Wawonasa Kota Manado. Kesmas, 7(4). http://www.ejournalhealth.com/index.php/kesmas/article/view/892

Fahmil, S., & Iting, I. (2021). Sumber Daya Manusia Dalam Implementasi Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan Puskesmas. Health Science Growth (HSG) Journal, vol.6(No. o1), 17–34.

Mahesti, E. (2021). Tinjauan Indikator Angka Kontak Kapitasi Berbasis Kinerja (KBK) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Puskesmas Srondol. Poltekkes Kemenkes Semarang.

Nofriyenti, N., Syah, N. A., & Akbar, A. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemenuhan Indikator Angka Kontak Komunikasi dan Rasio Peserta Prolanis di Puskesmas Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(2), 315. https://doi.org/10.25077/jka.v8i2.1007

Fadila, R., & Purnomo, A. F. (2021). Analisis Faktor Penyebab Tingginya Rasio Rujukan Non Spesialistik Puskesmas Rawat Inap. Jurnal Kesehatan Komunitas, 7(2), 144–149.

Safitri, R. A., Chotimah, I., & Pujiati, S. (2021). Faktor-Faktor Tingginya Angka Rujukan Di Puskesmas Sukatani Kota Depok Tahun 2018. Promotor, 4(4), 369. https://doi.org/10.32832/pro.v4i4.5604

Faulina, A. C., Khoiri, A., & Herawati, Y. T. (2016). Kajian Pelaksanaan Sistem Rujukan Berjenjang Dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional di UPT. Pelayanan Kesehatan Universitas Jember. Jurnal Ikesma, 12(2), 91–102.

Faiza, H. (2018). Pelaksanaan Sistem KBK (Kapitasi Berbasis Komitmen Pelayanan) Jaminan Kesehatan Nasional di Puskesmas Glugur Darat Medan Tahun 2017. http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/2750

Puspaeni, P. I., Kurniati, D. P. Y., & Indrayathi, P. A. (2019). Persepsi Peserta Bpjs Kesehatan Terhadap Proglam Pengelolaan Penyakit Kronis Di Puskesmas I Denpasar Barat Dan Puskesmas II Denpasar Timur. Archive Of Community Health, 6(1), 25. https://doi.org/10.24843/ach.2019.v06.i01.p04

Aini, S. (2021). Efektivitas Program Pengelolaan Penyakit Kronis (PROLANIS) pada Penderita Hipertensi di UPT Puskesmas Tangkahan Durian Kabupaten Langkat Tahun 2019. https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/31959

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Fadila, R., Mega Putri Via, AAI Citra Dewiyani, & Anggi Ardhia. (2023). Analisis Pencapaian Indikator Kapitasi Berbasis Kinerja Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Kesehatan Qamarul Huda, 11(1), 241–249. https://doi.org/10.37824/jkqh.v11i1.2023.446

Issue

Section

Articles