Gambaran Komunikasi Terapeutik Perawat di Ruang Rawat Inap Selama Masa Pandemi COVID-19 RSUD Awet Muda Narmada

Authors

  • Rian Azhari Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu
  • Amalia Matuty Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu
  • Haris Suhamdani Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu

DOI:

https://doi.org/10.37824/jkqh.v10i2.2022.394

Keywords:

komunikasi terapeutik, pelaksanaan komunikasi, perawat

Abstract

Komunikasi terapeutik adalah komunikasi antara perawat dan klien agar perawat mendapatkan informasi yang digunakan untuk meningkatkan kesehatan klien. Komunikasi terapeutik adalah komunikasi yang dilakukan untuk tujuan terapi atau pengobatan, seorang terapis dapat membantu klien mengatasi masalah yang dihadapinya melalui komunikasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengidentifikasi gambaran komunikasi terapeutik perawat diruang rawat inap selama pandemic covid-19 RSUD awet muda narmada. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua perawat ruang rawat inap sebanyak 94 orang dengan total sampel diambil yaitu 48 orang. Hasil penelitian pelaksanaan komunikasi terapeutik perawat diruang rawat inap Rumah Sakit Umu Daerah Awet Muda Narmada dengan 48 responden menunjukkan mayoritas dalam kategori baik (77.1%). Fase pra-interaksi dalam kategori baik sebanyak 37 orang (77.1%), fase orientasi dalam kategori baik sebanyak 36 orang (75%), fase kerja dalam kategori baik sebanyak 38 orang (79.2%), dan fase terminasi dalam kategori baik sebanyak 39 orang (81.2%). Kesimpulan pelaksanaan komunikasi terapeutik perawat dalam kategori baik.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Azhari, R., Matuty, A., & Suhamdani, H. (2022). Gambaran Komunikasi Terapeutik Perawat di Ruang Rawat Inap Selama Masa Pandemi COVID-19 RSUD Awet Muda Narmada. Jurnal Kesehatan Qamarul Huda, 10(2), 196–200. https://doi.org/10.37824/jkqh.v10i2.2022.394

Most read articles by the same author(s)