Kepatuhan Penderita Diabetes Melitus Tipe II mengenai Pola Diet di Wilayah Kerja Puskesmas Penujak Lombok Tengah

Authors

  • Nia Syam stikes yarsi mataram01
  • Muhammad Alwi Andi STIKES YARSI MATARAM
  • Dwi Nur Sukma Furqoti STIKES YARSI MATARAM

DOI:

https://doi.org/10.37824/jkqh.v9i2.2021.264

Keywords:

Kepatuhan, Pola Diet, Diabetes Melitus Tipe 2

Abstract

Penyakit masyarakat yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya dan menjadi salah satu ancaman kematian di dunia adalah Diabetes Melitus. Kepatuhan diet pasien Diabetes Melitus sangat berperan penting untuk menstabilkan kadar glukosa darah, sedangkan kepatuhan itu sendiri merupakan suatu hal yang penting untuk dapat mengembangkan rutinitas (kebiasaan) yang dapat membantu penderita dalam mengikuti jadwal diet. Berdasarkan hasil laporan tahunan Dinas Kesehatan NTB mengalami peningkatan yang cukup pesan dan berdasarkan data yang didapakan bahwa terjadi peningkatan kejadian Diabetes Melitus Tipe 2 di wilayah kerja Puskesmas Penujak. Menurut asumsi peneliti angka kejadian Diabetes Melitus Tipe 2 di wilayah kerja Puskesmas Penujak mengalami peningkatan dikarenakan dari hasil penelitian didapatkan bahwa responden banyak yang tidak melakukan kontrol secara rutin dan masih banyak yang kurang patuh terhadap pemenuhan jadwal makan yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepatuhan diet penderita Diabetes Melitus Tipe 2 di wilayah kerja Puskesmas Penujak Lombok Tengah. Sampel penelitian ini berjumlah 81 responden dengan teknik purposive sampling. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan crosssectional. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner kepatuhan penderita Diabetes Melitus Tipe 2 mengenai pola diet. Analisis univariat dilakukan dengan cara mencari distribusi frekuensi setiap variabel penelitian untuk mengetahui proporsi atau gambaran dari variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan gambaran kepatuhan diet didapatkan responden dengan kategori cukup patuh sebanyak 72 responden (88,9%). Berdasarkan hasil penelitian ini dibutuhkan program puskesmas dan edukasi yang lebih optimal lagi agar dapat meningkatkan kepatuhan diet dalam kategori yang baik dan menurunkan angka kejadian Diabetes Melitus Tipe 2. Keluarga dapat melakukan pendampingan dan perhatian agar penderita Diabetes Melitus Tipe 2 semangat dalam melakukan pengobatan secara teratur dan diharapkan keluarga dapat mendampingi dalam mengatur pola makan lansia agar lebih patuh lagi.

References

Sari, N. N. (2019) ‘Hubungan Obesitas Sentral Dengan Kejadian Diabetes Melitus Tipe 2’, Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik, 14 (2), pp. 157–161.

Mardiah, Z. (2018) ‘Pengaruh Spiritual Care Terhadap Kepatuhan Diet Penderita Diabetes Melitus Tipe 2 Di Sekarbela Wilayah Kerja Puskesmas Karang Pule’.

Anita, E. (2020) ‘Literatur Review Dukungan Keluarga Dalam Kepatuhan Diet Penderita Diabetes Melitus’.Skripsi. Fakultas Keperawatan Universitas Bhakti Kencana Bandung.

Ernawati, Dw Arini, Harini, G. (2020) ‘Faktor-faktor Yang MempengaruhiTingkat Kepatuhan Diet Pada Pasien Diabetes Melitus Tipe 2 Di Kecamatan Sumbang Banyumas’, Journal of Bionursing, 2 (1), pp. 63–67.

Dinas Kesehatan NTB (2019) Profil Kesehatan.Https://Dinkes.Ntbprov.Go.Id/Profil-Kesehatan/. Tanggal 5 Desember Jam 15:00

Priharianto, A. (2014) ‘Hubungan antara dukungan keluarga dengan keteraturan kontrol kadar gula darah pada penderita diabetes melitus di wilayah puskesmas bendosari sukoharjo’.

Shoufika, F. (2018) ‘Hubungan Faktor Perilaku Pengendalian Diabetes Melitus Tipe 2 Dengan Kadar Gula Darah Lansia Di Posbindu Wilayah Kerja Puskesmas Patihan’, New England Journal of Medicine, 372(2), pp. 2499–2508.

Choirunnisa, L. (2018) (2018) Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Melakukan Kontrol Rutin Pada Penderita Diabetes Mellitus Di Surabaya, Universitas Airlangga Surabaya.

Ismansyah, I. (2020) ‘Hubungan Kepatuhan Kontrol Dengan Kadar Gula Darah Sewaktu Pada Pasien Dm Tipe 2’, MNJ (Mahakam Nursing Journal), 2(7), pp. 363–372.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Syam, N., Andi, M. A., & Furqoti, D. N. S. (2021). Kepatuhan Penderita Diabetes Melitus Tipe II mengenai Pola Diet di Wilayah Kerja Puskesmas Penujak Lombok Tengah . Jurnal Kesehatan Qamarul Huda, 9(2), 110–114. https://doi.org/10.37824/jkqh.v9i2.2021.264