Gambaran Dukungan Keluarga Terhadap Anak Retardasi Mental Di SLB Praya

Authors

  • Yayan Hardiansah Uniqhba
  • Nanang Alfian Perawat Manajemen Rumah Sakit Kota Mataram
  • Sarwadi Sarwadi Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu
  • Muhammad Amrullah Universitas Qamarul Huda Badaruddin Bagu

DOI:

https://doi.org/10.37824/jkqh.v8i1.2020.199

Keywords:

Dukungan Keluarga, Anak Retardasi Mental

Abstract

Anak yang mengalami retardasi mental sangat memerlukan dukungan khusus dari keluarga, karena dukungan tersebut akan mempengaruhi sikap dan perilaku anak, Dukungan keluarga sangat penting karena keluargalah yang paling lama berinteraksi dengan pasien. Dalam keluarga masalah dapat muncul dan dalam keluarga pula masalah dapat dicarikan alternatifnya.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui gambaran serta mendeskripsikan dukungan keluarga terhadap anak retardasi mental di SLB  Praya. Populasi penelitian adalah seluruh anggota keluarga anak dengan reterdasi mental di SLB  Praya, dengan populasi 304 orang dan di dapatkan sampel sebanyak 70 orang dengan reterdasi mental. Jenis penelitian ini dilakukan dengan pendekatan cross sectional. Data di ambil pada 70 responden dari anggota keluarga anak dengan reterdasi mental. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisa data dengan menggunakan deskriptif kuantitatif yang menunjukan gambaran dari dukungan keluarga terhadap anak dengan reterdasi mental di SLB  Praya. Dengan demikian maka diharapkan anggota keluarga yang memiliki anak dengan reterdasi mental agar memperhatikan pola asuh dan dukungan terhadap anak denagn reterdasi mental agar anak dengan reterdasi mental dapat berinteraksi dengan baik sehinggan sikap dan perilaku anak dapat menjadi lebih baik.

References

Arfandi, Z., Susilo, E., Widodo, G. G., Program, M., Ilmu, S., Stikes, K., Waluyo, N. 2014. Hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan kemampuan perawatan diri pada anak retardasi mental di slb negeri ungaran, 26.

Prasa. 2012. Stress Dan Koping Orang Tua Dengan Anak Retardasi Mental.

Marselina, M. 2016. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Status Personal Hygiene Pada Pasien Gangguan Jiwa Di Wilayah Kerja Puskesmas Wonokerto I Program Studi Ners.

Setiadi. 2013. Konsep dan penulisan Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Friedman, M. M. 2010. Buku ajar keperawatan keluarga : Riset, Teori, dan praktik. Jakarta: EGC.

Friedman, M. M. 2011. Keperawatan Keluarga :Teori & Praktik .Edisi 3. Jakarta: EGC.

Ilmiyati. 2009. Keterbelakangan Mental.

Akhmadi. 2009. Dukungan Keluarga.

Pane. 2009. Pengaruh Keluarga Terhadap Kesehatan.

Published

2020-06-30

How to Cite

Hardiansah, Y., Alfian, N., Sarwadi, S., & Amrullah, M. (2020). Gambaran Dukungan Keluarga Terhadap Anak Retardasi Mental Di SLB Praya. Jurnal Kesehatan Qamarul Huda, 8(1), 54–62. https://doi.org/10.37824/jkqh.v8i1.2020.199

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>