Hubungan Pola Asuh Keluarga Dengan Kemandirian Perawatan Diri Anak Usia Sekolah

Authors

  • Hermawati Hermawati Dinas kesehatan Lombok Utara

DOI:

https://doi.org/10.37824/jkqh.v8i1.2020.188

Keywords:

Pola Asuh Keluarga, Kemandirian Perawatan Diri, Anak Usia Sekolah

Abstract

Pola asuh keluarga merupakan suatu cara orangtua dalam mengasuh anak untuk mampu melakukan perawatan diri secara mandiri dengan berbagai tipe pola asuh yang digunakan keluarga yaitu, pola asuh demokratis, permisif, dan otoriter. Anak yang mampu mandiri dalam melakukan perawatan diri dapat meningkatkan derejat kesehatan pada anak usia sekolah dengan anak mampu melakukan dan memenuhi kebutuhan udara, air, nutrisi, eleminasi, pencegahan bahaya, privasi, interaksi sosial, aktivitas dan istirahat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola asuh keluarga dengan kemandirian perawatan diri anak usia sekolah. Metode yang digunakan adalah desain cross sectional. Jumlah sampel penelitian sebanyak 107 orang yang diambil menggunakan teknik cluster proporsional sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kelamin anak perempuan, dan pola asuh demokratis dan permisif yang menjadi faktor dominan dalam memandirikan anak dalam melakukan perawatan diri. Pola asuh yang digunakan keluarga dalam mendidik anak merupakan salah ssatu faktor keberhasilan orangtua dalam mendidik dan membesarkan anak, agar menjadikan anak yang berkualitas dikemudian hari dan mampu memberikan implikasi bagi pelaksanaan pelayanan kesehatan bagi anak sekolah dalam membuat suatu program untuk anak usia sekolah.

References

Kozier. B, Erb. G, Berman. A, & Snyder. S.J. (2010). Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses, & Praktik. Jakarta: EGC

Badan Pusat Statistik (2012). Perkembangan beberapa indicator utama sosial ekonomi Indonesia. Pada tanggal 9 November 2012.

Wong L. Donna & Whaley. (2001). Nursing Care Of Infants and Children. 6th. Ed. St. Louis : Mosby.

Hurlock, Elisabeth. 2006. Psikologi Perkembangan Edisi Kelima. Jakarta : Erlangga

Hawari Dadang. (2007). Our Children Our Future DimensiPsikoreligi pada tumbuh kembang anak remaja. Jakarta : FKUI.

Petranto. (2009). Jenis-jenis Pola Asuh Orang Tua. [online] di akses dari http://dwpptrijenewa.is

Santrock W. John. (2004). Life-Span Development. 9th. Ed. Americas : the McGraw-Hill Companies. Santrock, W. John (2003). Adolescence: Perkembangan Remaja (edisi keenam). Jakarta: Erlangga

Sastroasmoro, S & Ismael, S. (2011). Dasar-Dasar Metodelogi Penelitian Klinis. Edisi Ke-4. Jakarta: Sagung Seto

Petranto, I. (2006). Rasa Percaya Diri Anak adalah pantulan Pola Asuh Orang Tuanya. Online: http://dwpptrijenewa.isuisse.com/bulletin/?p=32(Accessed 1December 2012).

Published

2020-06-30

How to Cite

Hermawati, H. (2020). Hubungan Pola Asuh Keluarga Dengan Kemandirian Perawatan Diri Anak Usia Sekolah . Jurnal Kesehatan Qamarul Huda, 8(1), 29–33. https://doi.org/10.37824/jkqh.v8i1.2020.188

Issue

Section

Articles