Hubungan Kualitas Tidur Dengan Kosentrasi Belajar Siswa Di SMA Kristen 1 Tomohon
DOI:
https://doi.org/10.37824/jkqh.v13i1.2025.746Keywords:
Sleep Quality, Learning Concentration, PSQI, StudentAbstract
Tidur merupakan kebutuhan dasar yang sangat penting bagi manusia, terutama bagi remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. Kualitas tidur yang buruk dapat berdampak negatif pada berbagai aspek kehidupan, termasuk konsentrasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kualitas tidur dengan konsentrasi belajar siswa SMA Kristen 1 Tomohon. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Sampel penelitian berjumlah 90 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI) untuk mengukur kualitas tidur dan instrumen konsentrasi belajar. Analisis data dilakukan menggunakan uji Spearman Rho. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden memiliki kualitas tidur yang kurang (40,0%) dan tingkat konsentrasi belajar yang rendah (41,1%). Uji statistik menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kualitas tidur dengan konsentrasi belajar siswa (p = 0,000; r = 0,693), yang mengindikasikan korelasi yang kuat. Temuan ini menegaskan bahwa kualitas tidur yang buruk dapat berdampak pada penurunan konsentrasi belajar siswa. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan kesadaran siswa, orang tua, dan pihak sekolah mengenai pentingnya pola tidur yang sehat guna menunjang performa akademik siswa.
References
[1] Zulfa, N.A., & Mujazi, M. (2021). Hubungan Pola Tidur Terhadap Konsentrasi Belajar Peserta Didik di SDN Kembangan Utara 06 Pagi. Prosiding: Universitas Esa Unggul.
[2] Siregar, H. S. N., Pane, A. H., Mustika, S. E., & Wardhani, K. (2022). Hubungan Kualitas Tidur Dengan Siklus Menstruasi Pada Mahasiswi Fk UISU Tahun 2021. Jurnal Kedokteran STM (Sains Dan Teknologi Medik), 5(2), 101–108. https://doi.org/10.30743/stm.v5i2.319
[3] Sahri, R.P., & Hasibuan, M.T.D. (2023). Hubungan Kualitas Tidur dengan Prestasi Belajar pada Mahasiswa. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 5(2). DOI: https://doi.org/10.37287/jppp.v5i2.1459
[4] Jumilia. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kualitas Tidur Pada Remaja Di SMA PGRI 2 Padang. Ensiklopedia of Journal, 2(3). https://jurnal.ensiklopediaku.org/ojs-2.4.8-3/index.php/ensiklopedia/article/view/760/694
[5] Rohmah, W. (2020). Determinan Kualitas Tidur Pada Santri di Pondok Pesantren. Higeia (Journal of Public Health Research and Development : 4(3), 649-659. https://doi.org/10.15294/higeia.v4iSpecial 3.41275
[6] Istiani, L.N., Saraswati, S., Dewi, A.A.N.T.N., Andayani, N.L.N. (2024). Kualitas Tidur Berhubungan dengan Tekanan Darah pada Remaja. Majalah Ilmiah Fisioterapi Indonesia: 12(2), 201. DOI:10.24843/mifi.2024.v12.i02.p14
[7] Gustiawati, I., & Murwani, A. (2020). Hubungan Kualitas Tidur dengan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas VII dan VIII. Jurnal Kesehatan Poltekkes Kemenkes RI Pangkalpinang, 8(2). https://jurnal.poltekkespangkalpinang.ac.id/index.php/jkp/article/view/187/pdf
[8] Febriani, D.A. (2020). Hubungan Kualitas Tidur Dengan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas X Tkj 2 Dan XI TKJ 1 Di SMK Negeri 1 Jiwan Kabupaten Madiun. Skripsi: Stikes Bhakti Husada Mulia.
[9] Hidayatullah, M.G. (2021). Hubungan Antara Kualitas Tidur dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MAN 2 Kota Semarang. Skripsi: Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
[10] Paceli, V., Levina, E., Setianingrum, S., Telussa, A. S., & Listyawati Nurina, R. (2022). Hubungan Kualitas Tidur dengan Konsentrasi pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusacendana. Cendana Medical Journal. 2022; 24(2). https://doi.org/10.35508/cmj.v10i2.9143
[11] Widyaningtyas, R., Kisworo, W., Prambudi, S. A., Sholiqin, M., & Rachmawati, S. (2022). Analisis Hubungan Kebisingan Pasar Mangu, Jalan Raya Manguraya, Dan Bandara Adi Soemarmo Dengan Konsentrasi Belajar Siswa Di SMP Negeri 1 Ngemplak. Prosiding Sains Dan Teknologi, 1(1), 359–368. https://doi.org/10.37081/ed.v8i1
[12] Asyari, A., & Mirannisa, M. (2022). Pengaruh Media Sosial TikTok terhadap Minat Belajar Siswa MA Miftahul IshlahTembelok. ISLAMIKA, 4(3), 421-432. https://www.ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika/article/view/1977
[13] Balqis, I.P., Jusuf, M.I., Pateda, S.M., dkk. (2025). Hubungan Antara Kualitas Tidur dan Daya Konsentrasi pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Negeri Gorontalo. Jambura: Axon Journal, 2(1). https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/axon/article/view/29318
[14] Ani’mah, A.N., Suparmanto, G., & Sulisetyawati, S.D. (2023). Hubungan Antara Kecanduan Bermain Game Online Dengan Konsentrasi Belajar Siswa/Siswi SMA Negeri Jumapolo. Skripsi: Universitas Kusuma Husada Surakarta.
[15] Sunbanu, V.M., Rante, S.D.T., Damanik, E.M. (2021). Hubungan Kualitas Tidur dan Konsentrasi Belajar pada Mahasiswa Teknik Sipil di Politeknik Negeri Kupang selama Pandemi COVID-19. Cendana Medical Journal, 9(2). https://doi.org/10.35508/cmj.v9i2.5965
[16] Rivani, B., Nugroho, H., & Rosali, T. (2023). Hubungan Kualitas Tidur Dengan Konsentrasi Belajar Pada Siswa/I Kelas VII-IX MTS Miftah Assa’adah Di Pondok Aren Kota Tangerang Selatan. Jurnal Kesehatan STIKes IMC Bintaro, 6(1), 15–22. https://doi.org/10.32883/hcj.v5i3.797